YBM PLN UP2B Jabar Salurkan Bantuan Gempa Bandung

YBM PLN UP2B Jabar Salurkan Bantuan Gempa Bandung
banner 468x60

RadarJakarta.id|BANDUNG – PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Barat (PLN UP2B Jabar) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) gerak cepat melakukan aksi tanggap bencana dengan menyalurkan 50 paket bantuan sembako untuk korban di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Desa Cibeureum merupakan salah satu yang terdampak bencana alam gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,3 Skala Richter (SR) pada 18 September 2024 lalu.

Gempa bumi tersebut menyebabkan banyak bangunan mengalami kerusakan, mulai dari kerusakan ringan seperti retak pada dinding hingga kerusakan yang lebih serius yang memerlukan perbaikan besar. Beberapa warga bahkan terpaksa mengungsi di tenda darurat karena khawatir terjadi gempa susulan yang dapat mengakibatkan bangunan mereka runtuh.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kami turut prihatin atas musibah gempa yang terjadi. Sedikit bantuan yang kami berikan semoga dapat membantu meringankan para korban untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa tanggap darurat. Dan semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan memberikan berkah untuk semuanya” ujar Suryanto, Ketua YBM PLN UP2B Jabar.

Lebih lanjut Suryanto menjelaskan bantuan ini berasal dari potongan penghasilan pegawai PLN per bulan yang dananya dihimpun melalui YBM PLN.

Akhmad Duli, Manager PLN UP2B Jabar menyatakan PLN tidak hanya berfokus pada pengamanan pasokan listrik akibat terjadinya gempa, namun juga berkomitmen untuk meringankan beban korban dari bencana gempa tersebut.

“PLN akan senantiasa bersiap siaga memastikan keandalan listrik kepada masyarakat terutama pasca terjadinya gempa. Selain itu PLN juga akan selalu memberikan perhatian yang lebih serta peduli kepada korban terdampak bencana gempa tersebut dengan cara menyalurkan bantuan kemanusiaan.” papar Duli, Senin(30/9/2024).

Munawwar Furqan selaku General Manager PLN UIP2B JAMALI, menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan aksi nyata bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat.

“Bantuan yang kami salurkan bukan sekadar bentuk kepedulian materi, tetapi sebuah panggilan jiwa. Dalam setiap bantuan yang diberikan, ada harapan bahwa warga terdampak dapat bangkit kembali dengan lebih kuat. Aksi ini bentuk solidaritas PLN kepada masyarakat,”

Bantuan tersebut disambut dengan sukacita oleh warga yang terdampak gempa bumi, salah satunya Ujang Sobar sekalu ketua RW di Desa Cibeureum. Ujang didampingi beberapa warga mewakili menerima bantuan yang diberikan oleh PLN. Ujang juga mengapresiasi atas kepedulian dan gerak cepat PLN dalam mengatasi bencana.

“Hatur nuhun pisan atas bantuan dari YBM PLN untuk kami warga yang terdampak gempa, semoga barokah dan semoga Bapak/Ibu di PLN selalu diberikan kesehatan” ucap Ujang.

Usai terjadinya gempa tersebut, warga diimbau untuk tetap waspada dan siaga apabila terdapat potensi gempa susulan. PLN juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Masyarakat dapat mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60