Influencer Brasil  Debora Peixoto Maskeran Wajah Pakai Tinja, Bahayakah?

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Influencer sekaligus model asal Brasil, Debora Peixoto (31) menggunakan tinja sebagai masker wajah atau face mask viral di media sosial.

Rekaman video yang menunjukkan Peixoto saat dirinya sedang memakai masker itu diunggah dalam akun Instagram pribadinya pada 2 Agustus 2024.

“Ini adalah hal paling gila yang pernah saya lakukan dalam hidup,” ujar Peixoto (31) mengenai metode perawatan kulitnya yang kontroversial, dikutip dari New York Post, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, penggunaan tinja sebagai masker wajah dapat mencegah penuaan. Dalam videonya, tampak wadah tertutup berukuran kecil yang berisi kotorannya dari dalam kulkas. Kemudian, kotoran itu sedikit diberi air dan segera dioleskan ke seluruh permukaan wajahnya, layaknya mengenakan face mask pada umumnya.

Ia lantas menjepit hidungnya menggunakan jepitan baju agar tidak mencium bau busuk dan membiarkan kotoran itu menempel di wajahnya selama beberapa menit, sebelum akhirnya membilasnya.

Diakhir videonya, ia menunjukkan wajahnya ke kamera. “Ini berhasil untuk saya dan kulit saya tidak lagi mengelupas!,” klaim Peixoto

Sementara itu, Konsultan dermatologis di London, Inggris, Dokter Sophie Momen mengatakan, aksi yang dilakukan oleh Peixoto merupakan hal paling aneh yang pernah ditemuinya.

“Dari semua ‘tren’ perawatan kulit, ini adalah salah satu yang paling aneh yang pernah saya temui,” katanya dilansir dari Wion beberapa waktu yang lalu.

Ia menekankan, penggunaan tinja sebagai face mask sama sekali tidak memberikan manfaat.

Ahli bedah plastik Tunc Tiryaki juga memperingatkan, kotoran manusia mengandung berbagai bakteri, virus, dan parasit, termasuk E. coli, salmonella, dan cacing, yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit serius.

“Mengoleskan kotoran di wajah dapat memasukkan patogen tersebut ke dalam tubuh melalui luka kecil, goresan, atau selaput lendir, yang berpotensi menyebabkan infeksi kulit serius atau penyakit sistemik,” kata Tunc Tiryaki.***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60