Usai Panggil Prabowo, Jokowi Kini Panggil Ganjar

banner 468x60

Radarjakarta.id I Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Istana Negara pada hari ini, Selasa sore, 13 Juni 2023. Sebelumnya, Jokowi juga telah memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Rabu, 7 Juni 2023.

Diketahui keduanya merupakan bakal calon presiden (capres) 2024. Prabowo sebagai bakal capres yang diusung Partai Gerindra. Sementara Ganjar merupakan bakal capres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

Ganjar diberitakan sampai di Istana Negara sekitar pukul 15.00 WIB. Berdasarkan dokumentasi yang dibagikan tim medianya, Ganjar sampai di Istana diantar mobil. Dia turun dari mobil tersebut mengenakan batik coklat

lengan panjang dan bercelana hitam. Nampak Ganjar mengapit stopmap di lengannya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Agung Kristanto menyebut, kedatangan Ganjar di Istana untuk bertemu Jokowi. “Saya tahunya diundang rapat dengan Presiden Jokowi,” katanya, Selasa (13/7/2023).

Menurut Agung, salah satu agenda Ganjar yang dia ketahui adalah membahas Candi Borobudur. “Membahas soal penataan kawasan wisata Candi Borobudur. Lebih dari itu saya belum update,” kata dia.

Agenda tersebut juga dibagikan Ganjar dalam media sosialnya. Melalui Instagram Ganjar menulis, agar istrinya jangan menelepon sampai pukul setengah enam lantaran sedang rapat dengan Jokowi.

Sebelumnya, Prabowo juga menemui Presiden Jokowi di sela-sela lawatan Kepala Negara ke Malaysia pada Rabu, 7 Juni 2023. Kabar pertemuan itu tersiar setelah Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak membagikan video pertemuan keduanya.

Pertemuan itu kemudian dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

“Pak Menhan menyambut kedatangan Bapak Presiden dan Ibu Iriana di lobby hotel. Tampak juga Bapak Presiden dan Pak Menhan sempat berbicara sebentar, tapi saya tidak tahu apa yang dibicarakan dalam waktu yang sebentar itu,” ujar Bey, Kamis (8/6/2023).

Bey menyebut Prabowo menjadi bagian dari menteri-menteri lain yang menjadi delegasi pendamping Jokowi bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Selang sehari kemudian, Prabowo kemudian kembali menemui Jokowi di Istana Negara. Prabowo tampak datang melalui Pintu Bali menggunakan mobil Alphard putih. Prabowo tak menjawab pertanyaan media saat ditanya isi pertemuan tersebut.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan belum mendapatkan informasi isi pertemuan secara detail.

“Kemarin saya enggak tahu waktu ketemu Presiden ngomongin apa, tapi yang pasti waktu keluar senyum,” kata Dasco di GOR Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu, 10 Juni 2023.

Meski belum mendapat penjelasan secara detail, Dasco menyebut ada beberapa isu yang dibahas Salah satunya, kata Dasco, adalah soal Pilpres 2024.

“Ya saya pikir segala sesuatu dibahas, mengenai pemerintahan pasti dibahas, mengenai Pilpres pasti dibahas,” kata Dasco.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani juga menyatakan hal serupa. Ia menyebut Prabowo tidak mau bercerita banyak soal isi pertemuan tersebut.

Namun, ia menyebut Prabowo juga mengumbar senyum usai bertemu dengan Jokowi empat mata di Istana Negara.

“Tapi saat saya tanya habis bahas apa, dia bilang “lo mau tahu aja”,” kata Muzani menirukan ucapan Prabowo. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60