Rujak Simpang Jodoh Tembung Melegenda Kuliner Nusantara

banner 468x60

Lokasi pedagang ‘Rujak Simpang Jodoh’ di Tembung. (Radarjakarta.id/Doel).

RadarJakarta.id | DELI SERDANG – Nusantara tidak hanya terkenal dengan kekayaan alamnya namun juga terkenal dengan beragam kulinernya, mulai dari pedas, manis, gurih dan segar semuanya bisa ditemukan dalam nikmatnya kuliner Nusantara. Salah satu yang menggugah selera adalah segarnya rujak ulek.

Rujak adalah makanan yang dibuat dari buah-buahan kadang-kadang disertai sayuran yang diiris, ditumbuk dan sebagainya, kemudian diberi bumbu yang terdiri atas asam, gula, cabai, dan sebagainya. Istilah rujak juga berarti menghancurkan, memotong halus, atau menyayat dalam bahasa Jawa Kuno.

Tidak jauh dari pusat kota Medan ada jajanan rujak yang sudah melegenda Rujak Simpang Jodoh.  Namanya terkesan unik Rujak Simpang Jodoh Tembung,bukan berarti tempat ini merupakan tempat untuk mencari jodoh, namun tempat ini  para pedagang rujak ulek berkumpul. Lokasinya berada tepat di Jalan Pasar VII,Tembung Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

Para penjual rujak ulek di Simpang Jodoh ini sudah berpuluh tahun  berjualan. 

Salah seorang penjual rujak bernama Gina mengatakan kalau ia sudah lima puluh tahun lamanya berjualan rujak.

“Sudah ada 50 tahun kurang lebih saya berjualan rujak, dan ini turun temurun dari keluarga kami”, ujarnya.

Gina menambahkan kalau rujak ulek yang dibuatnya biasanya disesuaikan dengan selera pembeli dan dibuat pada saat pembeli memesan rujaknya dengan cara digiling atau diulek bersamaan dengan pisang batu, kacang tanah goreng, terasi, cabai rawit,gula merah, asam jawa dan sedikit garam. Buah-buahan yang digunakannya pun juga buah yang segar diantaranya nenas, mangga ,belimbing, bengkoang, mentimun dan jambu.

Gina biasanya membuka usahanya pada pukul sembilan pagi sampai pukul sebelas malam setiap harinya dan dari usaha berjualan rujak ulek ia mendapatkan omset yang lumayan besar.

“Kalau hari biasa 400 ribu sampai 700 ribu per hari, kalau hari libur bisa sampai 1 juta per hari,”  ucapnya.
| Doel*

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60