Festival Dongdang Sedekah Bumi “Hari Jadi Cijayanti” ke-97 Tahun

banner 468x60

Radarjakarta.id | BOGOR – Dalam rangka Hari Jadi Cijayanti yang ke 97 tahun. Pemerintah Desa Cijayanti menggelar perhelatan acara Festival “Dongdang Sedekah Bumi” seni budaya sunda serta hiburan, acara yang digelar di area lapangan Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, acara tersebut di hadiri Disbudpar Kabupaten Bogor, Forkopimcam Kecamatan, Kades, Sekdes, BPD, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan lainnya. Jum’at (31/05/2024)

Ribuan warga Desa Cijayanti terlihat sangat antusias menyaksikan dan memeriahkan perhelatan acara HJC ke 97 tahun tersebut. Yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa Cijayanti terbuka untuk umum, acara yang berlangsung selama dua hari yaitu Jum’at hingga Sabtu.

Perhelatan acara HJC di isi dengan perlombaan seperti : Festival Dongdang, Festival Seni Budaya, Seni Kasundaan, Wayang Golek. Selain seni budaya, ada juga pertunjukan seperti, Sedekah Bumi (Dongdang), Tari Jaipong, Pencak Silat, dll.

Kepala Desa Cijayanti H. Ahmad Paojan S.Kep,. mengatakan, bahwa hari ini merupakan hari jadi cijayanti ke 97 tahun, dengan demikian adanya acara festival sedekah bumi yaitu hasil panen pangan, selain itu ada juga perhelatan budaya sunda sehingga dengan HJC ini untuk mengingatkan kita kembali bahwa seni budaya sunda jangan dilupakan, khususnya penerus generasi muda yang akan datang terlebih harus bisa mengenal budaya sunda, sehingga dengan warisan budaya yang harus dilestarikan dan diturunkan untuk anak cucu kelak.

Dengan demikian acara yang rutin di gelar tahun ini, Pemerintah Desa Cijayanti membagikan santunan kepada anak yatim-piatu warga masyarakat setempat.

Masih kata Kades “Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, perhelatan Dongdang Festival Sedekah Bumi terutama pemerintahan Desa Cijayanti yang ke 97 tahun, cukup meriah dan sukses, mudah mudahan dapat di rasakan oleh masyarakatnya.” Tandasnya | Machrudin*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60