Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Rutan Bangil Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

banner 468x60

Radarjakarta.id | PASURUAN – Rutan Bangil menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Sabtu, (01/06/2024)

Tema ini menekankan bahwa Pancasila adalah fondasi yang menyatukan bangsa Indonesia dengan segala keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai Rutan Bangil yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, menampilkan keindahan keragaman budaya Indonesia.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila, diikuti dengan pidato yang mengingatkan kembali akan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Dengan tema yang kuat, upacara ini tidak hanya menjadi peringatan sejarah tetapi juga momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono, memberikan arahan terkait kegiatan ini.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momen penting untuk mengingat kembali esensi Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa. Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, kita harus terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. Saya apresiasi upaya Rutan Bangil dalam menyelenggarakan upacara ini dengan penuh semangat kebangsaan. Semoga kita semua dapat terus menjaga dan mengimplementasikan Pancasila demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Heni Yuwono. | Eva*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60