Wali Kota Jakbar Ingatkan ASN Bersikap Netral Jelang Pesta Demokrasi 2024

banner 468x60

Radarjakarta.id | Jakarta – Wali Kota Jakarta Barat mengingatkan pentingnya nertralitas Aparatur Sipil Negara dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal itu dikatakan Uus Kuswanto saat memimpin apel pagi yang berlangsung di halaman Kantor wali kota Jakarta Barat, Senin (13/11/2023). 

Menurutnya, Hal itu telah diatur dalam undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No 5 Tahun 2014.

Dimana pada Pasal 2 menyatakan, setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan tertentu. 

“Saya tidak henti-hentinya mengingatkan kepada aparatur sipil negara terhadap situasi dan kondisi pada pesta demokrasi tahun 2024, yang mana tahapannnya sudah dimulai tahun 2023. Saya ingatkan komitmen kita sebagai ASN harus netral dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut,” tegas Uus.

Uus juga menjelaskan komitmen ASN untuk menjaga netralitas dalam Pemilu telah disepakati dalam sebuah surat pernyataan yang ditandatangani.

“Intinya, sebagai kata kunci, netralitas adalah kita bekerja secara  profesional. Silahkan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan dan ketentuan,” jelasnya. 

Uus yakin dengan adanya komitmen itu, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jakarta Barat mampu menjaganya. 

“Bagaimana pun, saya ikut bertanggung jawab apabila ada teman-teman, terkait dalam kegiatan, melanggar aturan dan ketentuan. Dan, saya ingatkan kembali kalau UU ASN yang baru sangat berat sekali sanksinya apabila melakukan pelanggaran,” terangnya.

(ibenk/kornel)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60