Ratusan Dokter Gigi Masuk ke Sekolah

Ratusan Dokter Gigi Masuk ke Sekolah
Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kota Depok mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit gigi dan mulut.
banner 468x60

Radarjakarta.id | DEPOK – Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kota Depok mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit gigi dan mulut.

Ketua PDGI Cabang Kota Depok drg Setiawan Witjaksana kepada wartawan mengatakan dalam rangkaian kegiatan bulan kesehatan gigi nasional yang diselenggarakan pada September PDGI melaksanakan bakti sosial Pengabdian Masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Untuk tahun 2024 ini kami pusatkan di Sekolah At Taufiq di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis,” katanya.

Dia menambahkan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat PDGI menurunkan sekitar 116 dokter gigi dari sekitar 700 anggota PDGI Depok.

Sementara ada sekitar 869 yang mendapatkan pemeriksaan gigi baik itu siswa, guru dan karyawan lainnya.

“Mungkin kegiatan ini harus rutin kita laksanakan setiap tahunnya sehingga anggota PDGI ikut berperan aktif dalam pengabdian masyarakat,” katanya.

Dokter gigi juga mendapat kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Kami rasa memang itu dibutuhkan oleh setiap dokter gigi untuk melakukan persyaratan perpanjangan praktek salah satunya adalah pengabdian masyarakat

Dengan aktifnya organisasi profesi dokter gigi ini turun ke sekolah-sekolah, bisa memberikan edukasi sejak dini ke anak-anak sekolah, supaya mereka bisa lebih perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut.

“Sehingga mereka bisa menjadi agent of change atau agen perubahan di rumah untuk orang tuanya, kakaknya, atau adiknya. Jadi, tidak hanya dia saja yang kita edukasi, tapi mereka diharapkan bisa mengedukasi keluarganya,” katanya.

Pihaknya juga mendukung seluruh kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di lingkungan masyarakat. Dengan harapan dapat turut berkontribusi meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kami juga menggandeng pentahelix untuk memotivasi seluruh masyarakat agar dapat menjaga serta merawat gigi dan mulut agar tetap sehat dan kuat,” tambahnya.

PDGI juga mengajak masyarakat yakni orang tua siswa agar mengajak anaknya untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulutnya setiap enam bulan sekali.

Untuk data warga yang mengalami sakit gigi atau mulut setiap harinya ada, dan itu yang harus dijaga kesehatan gigi dan mulut.

“Jangan meremehkan kesehatan gigi, dan mulut, mencegah itu lebih baik daripada pengobatan,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PDGI Kota Depok.

Melalui bakti sosial tersebut, anak-anak diberikan edukasi terkait cara menjaga kesehatan mulut, cara menggosok gigi yang baik dan untuk memeriksakan gigi secara teratur terlebih jika ada keluhan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60