Tongkat Estafet Kepala BIN dari Budi Gunawan ke Herindra

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Jelang pemerintahan baru presiden terpilih Prabowo Subianto, tongkat estafet Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN berubah sebelumnya Budi Gunawan akan digantikan Budi Muhammad Herindra. Herindra sebelumnya wakil menteri pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI).

Hal itu disebut termuat dalam surat Presiden RI Joko Widodo kepada pimpinan DPR RI terkait pemberhentian Budi Gunawan dan pengangkatan Kepala BIN yang baru.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, menekankan agarnegeri Muhammad Herindra bisa bekerja secara netral ketika memimpin Badan Intelijen Negara ( BIN). Sebab, Puan mengatakan BIN punya peran strategis dalam menjalan fungsi intelijen, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami menekankan agar BIN dalam menjalankan fungsinya bisa netral dan bekerja untuk kepentingan keamanan negara dari berbagai ancaman,” kata Puan saat ditemui di kompleks gedung DPR, Rabu, 16 Oktober 2024.Usai diumumkan, Herindra  sah jadi Kepala BIN. Ia telah menjalani fit and proper tes di DPR.

Usai diumumkan, Herindra  sah jadi Kepala BIN. Ia telah menjalani fit and proper tes di DPR.Sementara itu, Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan Herindra akan dilantik bersamaan dengan pelantikan para menteri kabinet Prabowo-Gibran. Dia mengatakan pelantikan tersebut akan berlangsung pada 21 Oktober mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan Herindra akan dilantik bersamaan dengan pelantikan para menteri kabinet Prabowo-Gibran. Dia mengatakan pelantikan tersebut akan berlangsung pada 21 Oktober mendatang.

Herindra dipastikan menjadi Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan setelah Presiden Joko Widodo berkirim surat ke DPR. Warkat presiden bertarikh 10 Oktober tersebut berisi permohonan pertimbangan pengangkatan Herindra sekaligus pemberhentian Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

Sebelumnya, Herindra merupakan salah satu pejabat yang merapat ke kediaman Prabowo pada Senin (14/10) kemarin di Kertanegara, Jakarta Selatan. Prabowo tengah memanggil calon menteri dan wakil menteri pemerintahannya.

BG, sapaan akrab Budi Gunawan dikenal sebagai orang dekat Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Hingga 49 nama calon pembantu Prabowo dipanggil ke kediamannya kemarin, belum tampak satu pun representasi PDI-P. Akan tetapi, pemanggilan calon menteri masih akan dilakukan Prabowo hari ini. Sementara itu, Herindra sendiri sudah memenuhi panggilan Prabowo kemarin.***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60