Radarjakarta.id | JAKARTA – Starbucks Indonesia berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI melalui kegiatan coffee tasting yang dilakukan secara serentak di gerai terbanyak di seluruh Indonesia, Selasa (1/9/2024).
Acara yang bertepatan dengan International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia ini merupakan bentuk apresiasi Starbucks Indonesia kepada mereka yang telah mendukung keberlanjutan kopi Indonesia, termasuk di antaranya para barista, farmer’s support center, petani kopi, dan juga pelanggan.
“Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi kita semua pelaku bisnis di industri kopi, tak terkecuali Starbucks Indonesia. Di kesempatan pencatatan rekor MURI tahun ini, kami ingin mengajak semua pihak yang terlibat untuk merayakannya dengan melakukan coffee tasting serentak menggunakan biji kopi kebanggaan kita Sumatra bersama barista-barista terbaik kami di seluruh gerai di Indonesia,” kata Liryawati, Chief Operating Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia.
“Tak hanya itu, selama sebulan penuh, Starbucks juga akan merayakan Bulan Kopi Internasional di bawah payung tiga pilar utama kami: People, Planet, Cofee – mulai dari mengapresiasi mereka yang telah mendukung keberlanjutan kopi Indonesia, menyumbangkan bibit pohon kopi kepada para petani kopi kita di Bali dan Jawa Barat, dan meluncurkan program dan produk baru yang akan menunjukkan peran kami sebagai pemimpin kopi,” sambungnya.
Untuk diketahui, People, Planet, Coffee selalu menjadi tiga pilar yang menopang kokoh semua kegiatan Starbucks. Dari sisi People, tepat 1 Oktober 2024, Starbucks kembali mencatatkan rekor MURI bersama semua pihak yang telah mendukung keberlanjutan kopi Indonesia.
Selain itu, Starbucks Indonesia juga akan menjalankan program kemitraan bersama Mercy Corps Indonesia untuk mendukung komunitas coffee origin di Desa Buninagara, Bandung Barat dengan menyisihkan sebagian dari hasil penjualan biji kopi Indonesia (Sumatra, Aceh, Bali) sepanjang Oktober.
Adapaun untuk Planet, Starbucks Indonesia menyumbangkan 48 ribu bibit pohon kopi kepada petani kopi di Jawa Barat dan Bali, sementara di pilar Coffee akan meluncurkan tiga merchandise yang terinspirasi dari warisan, metode penyajian dan inovasi kopi juga program baru Starbucks Sukha Yātrā di seluruh gerai Starbucks Reserve untuk menunjukkan peran Starbucks sebagai pemimpin kopi.
“Sukha Yātrā diambil dari Bahasa Sansekerta yang sering digunakan dalam konteks perjalanan hidup. Lewat Sukha Yātrā, Starbucks ingin mengajak para peserta untuk memulai eksplorasi emosional melalui secangkir kopi,” terang Mirza Luqman Effendy, Division Manager, Coffee & Partner Engagement, PT Sari Coffee Indonesia.
“Dalam sesi ini, kami akan menyajikan pengalaman melalui tiga hidangan kopi, di mana setiap hidangan menceritakan kisah yang unik namun saling terkait,” tambah Mirza.
Semua merchandise Hari Kopi Sedunia ini sudah bisa didapatkan di seluruh gerai Starbucks di Indonesia mulai dari 1 Oktober 2024 dan program Starbucks Sukha Yātrā sudah bisa dinikmati oleh pelanggan di seluruh gerai Starbucks Reserve di Indonesia mulai dari tanggal yang sama.|Ilham*