Unisda Lamongan Kembali Berangkatkan Mahasiswa KKN Internasional ke Thailand

banner 468x60

Radarjakarta.id | LAMONGAN -Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi di bidang pengabdian yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Darul ‘Ulum (Unisda). Pada tahun 2024, sebanyak 19 mahasiswa dari 10 program studi yang berbeda diberangkatkan ke Thailand sebagai peserta KKN Internasional.

Keberangkatan KKN ke Thailand ini dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2024, dipimpin oleh Ketua LPPM Unisda, Dr. Ahmad Sholikin, S.IP., M.A., bersama Dr. Sauqi Futaqi, M.Pd.I, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mahasiswa tiba di Thailand pada 16 Juli 2024, dan acara penerimaan oleh pihak setempat dilaksanakan pada 17 Juli 2024.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dr. Ahmad Sholikin menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah sebagai mitra dan berharap agar kerja sama ini dapat berlanjut secara konsisten.

“Melalui kegiatan pengabdian bertaraf internasional ini, semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat memberi manfaat kepada sekolah-sekolah penempatan serta menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa Unisda,” ujarnya, dalam rilis Unisda Lamongan, Kamis(18/7/2024).

Ia menambahkan KKN Internasional ini merupakan hasil kerja sama antara Unisda dengan Komite Islam Provinsi Yala dalam rangka kegiatan pengabdian bertaraf internasional.

“Para mahasiswa melaksanakan pengabdian di sembilan sekolah di wilayah Thailand selatan, yaitu Pondok Fatih Al Islami, Ban Mahe School, Kawah Besar School, Assa-adah School, Rasami Islam Vittaya School, Al Tarbawi School, Sombunsart Vittaya School, Patana Islamic School, serta Tarbiatulwatan Mulniti School,”jelasnya.

Ia menambahkan keberagaman latar belakang keilmuwan peserta KKN diharapkan dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan selama pelaksanaan program kerja di Thailand. Program kerja yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing sekolah mitra dengan memberikan materi pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan berkolaborasi dengan guru dan masyarakat setempat untuk memberikan manfaat dan kontribusi sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Lebih lanjut ia mengatakan, program KKN Internasional ini mencerminkan komitmen Unisda dalam mengembangkan kerja sama internasional dan memperluas pengalaman mahasiswa dalam konteks global. “Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis dalam menerapkan ilmu mereka, tetapi juga menjadi agen perubahan dalam berkontribusi pada pendidikan dan masyarakat di tingkat global. Sebelumnya Unisda juga telah mengirimkan Mahasiswa KKN di Thailand dengan Membawa Pesan Islam Nusantara di Thailand pada tahun 2019,”katanya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60