Top! Panglima TNI Sebut Ormas Sipil Bisa Ikut Pasukan Perdamaian di Gaza

banner 468x60

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Radarjakarta.id | JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan kelompok masyarakat sipil atau Organisasi masyarakat atau ORMAS juga bisa serta dalam misi perdamaian di Gaza, Palestina.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Panglima menyatakan bahwa keikutsertaan organisasi tersebut akan diatur oleh Kementerian Luar Negeri.

Ormas-ormas tersebut dapat berperan dalam bidang pelayanan, terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.

Ia mengatakan, bahwa Indonesia telah menyiapkan dua rumah sakit untuk menampung seribuan pasien warga Palestina akibat serangan Israel. “Di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto dan Rumah Sakit Jenderal Soedirman di Jakarta Selatan,” katanya saat menghadiri acara MUI di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Ia mengungkapkan, nantinya pasukan perdamaian ini akan menyiapkan dua rumah sakit lapangan terapung. Adapun kapal rumah sakit yang dibawa berlayar ke Palestina ialah Kapal Perang RI Wahidin dan Radjiman.

Agus pun mencontohkan tempat rehabilitasi yang membutuhkan tenaga ahli di bidang pengobatan trauma atau trauma healing untuk para korban perang.

“Nah untuk rehabilitasi butuh personel yang punya kemampuan psikologi untuk trauma healing. Mungkin bisa juga dari sipilnya,” kata Agus.

Namun, Agus tidak menjelaskan secara rinci prosedur apa yang harus dilewati masyarakat sipil untuk bisa bergabung dalam pasukan perdamaian itu.***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60