Kodim 0501/JP Sukses Panen Sayur Mayur di Lahan Urban Farming Dengan Media Tanam Polybag

Kodim 0501/JP Sukses Panen Sayur Mayur di Lahan Urban Farming Dengan Media Tanam Polybag
Kodim 0501/JP Sukses Panen Sayur Mayur di Lahan Urban Farming Dengan Media Tanam Polybag pada Selasa, 11 Juni 2024.
banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0501/JP, Letkol Inf Okky Risdianto melaksanakan panen sayur mayur di lahan Kampung Urban Farming Kodim 0501/JP, JalanĀ  Selaparang Blok B-11 Kav-I KelurahanĀ  Gunung Sahari Selatan, Kecamatana Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa, (11/06/2024).

Panen ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan yang diprakarsai oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. Kegiatan panen ini merupakan hasil kerjasama antara Urban Farming Se-Koramil Kodim 0501/JP, dan didukung oleh Polres Jakpus dan instansi pemerintah lainnya seperti PPKK.

Dalam kegiatan ini, para peserta melakukan panen sayur mayur berupa Cabe, Kangkung, Bayam, Bawang Merah dan Pokcay.

Kasdim 0501/JP Letkol Inf Okky Risdianto mengatakan keberadaan Urban Farming Kodim 0501/JP sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Jakarta Pusat. Selanjutnya, hasil panen langsung dibagikan kepada warga sekitar.

Kasdim 0501/JP juga menjelaskan bahwa tujuan Urban Farming ini selain untuk ketahanan pangan juga dapat mengedukasi masyarakat Jakarta Pusat untuk dapat memanfaatkan lahan dilingkungan dengan bercocok tanam dengan menggunakan media tanam polybag.

“Lahannya juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat di sekitarnya dengan menggunakan media tanam polybag,” jelasnya.

Kasdim berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

“Kami juga berharap dapat membangun kesadaran dalam pentingnya ketahanan pangan dan lingkungan bagi kita semua,” harapnya.

Menurut Kasdim 0501/JP, Urban Farming dapat meningkatkan ketersediaan pangan, karena dengan melakukan bercocok tanam di atas lahan yang tersedia, urban farming dapat memberikan tambahan pasokan pangan bagi masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan media tanam polybag.

“Penanaman dapat dilakukan dalam jumlah kecil, tetapi memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi keluarga dan dapat dilakukan berkesinambungan,”imbuhnya.

Letkol Inf Okky juga mengungkapkan mengenai perawatan Urban Farming Kodim 0501/JP, kita cenderung menggunakan pupuk organik dan bebas dari bahan kimia.

“Dengan mengkonsumsi hasil panen dari urban farming, masyarakat dapat meningkatkan asupan nutrisi dan memperbaiki kualitas kesehatan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kemayoran Bapak Asep Mulyaman, Kapolsek Kemayoran Kompol Arnold J. Simanjuntak, S.E., S.I.K., M.H., Lurah Gunung Sahari Selatan, Dewi Rozana Zulkifli, Ketua FKDM, Ketua LMK, Ketua RT/RW Kel. Gunung Sahari Selatan, Poktan Edu Wisata dan Poktan Bhineka Jakpus.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60