Peduli Citarum Harum, Ratusan Kilogram Sampah Berhasil Dikumpulkan Relawan PLN UP2B Jabar di DAS Citarum, Desa Rancamanyar

banner 468x60

Radarjakarta.id | JABAR – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Barat (UP2B Jabar) terjunkan puluhan relawan untuk melakukan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Desa Rancamanyar, Kabupaten Bandung pada Rabu, 05 Juni 2024. Tak hanya melibatkan pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN UP2B Jabar, kegiatan pembersihan sungai ini turut menggandeng komunitas penggiat lingkungan InWaste Indonesia, Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor VII, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKP DAS) Citarum Kabupaten Bandung, Pemerintah Desa Rancamanyar, relawan mahasiswa dan perwakilan warga sekitar.

Para relawan peduli lingkungan berbaju hitam terlihat memadati Daerah Aliran Sungai Citarum Desa Rancamanyar sejak pagi hari. Para relawan tersebut terlihat antusias dan bersemangat. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 05 Juni ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian pegawai PLN dan para stakeholder untuk terlibat secara aktif dalam menjaga lingkungan. Acara diawali dengan pemberian Edukasi Pemilahan Sampah oleh InWaste Indonesia. Selain melakukan pembersihan sampah, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemilahan sampah. Sampah yang sudah dipilah kemudian ditimbang berdasarkan jenisnya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dibagi menjadi lima kelompok, para relawan berpencar untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah di sekitar taman, pinggir sungai dan area sungai dengan menggunakan perahu.

Sebanyak 412,2 kilogram sampah berhasil dikumpulkan dalam waktu dua jam. Adapun sampah yang terkumpul terdiri dari 196,3 kg sampah organik dan 215,9 kg Sampah organik yang terkumpul disalurkan melalui InWaste Indonesia, untuk dijadikan pupuk. Sementara itu sampah anorganik disalurkan melalui Bank Sampah Bersinar untuk kemudian diolah menjadi barang lain yang bernilai guna kembali, seperti kerajinan.

Komandan Satgas Citarum Harum Sektor VII, Kolonel Infanteri Mulyono Hari Santoso menyambut baik kegiatan relawan pembersihan sungai ini dan mengapresiasi PLN UP2B Jabar yang telah melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan dan berbagai elemen masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada PLN karena peduli melakukan kegiatan pembersihan di Daerah Aliran Sungai Citarum. Kita menyadari bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka wajib untuk kita menjaga lingkungan kita. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan” ujar Kolonel Mulyono.

Senada dengan pernyataan Komandan Satgas Citarum Harum Sektor VII, Pemerintah Desa Rancamanyar yang diwakili oleh Bapak Adim dan Ketua Forum Koordinasi Pengelola Daerah Sungai (FKP DAS) Citarum Kabupaten Bandung, Bapak Agus juga menyambut baik kegiatan relawan ini. Keduanya juga berharap dengan adanya kegiatan ini tercipta sinergi antara semua lapisan masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup.

“Banjir yang kerap kali melanda sebagian wilayah Jawa Barat, salah satunya disebabkan oleh masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Semoga dengan digelarnya kegiatan ini akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke daerah sungai. Terima kasih PLN sudah menginisiasi kegiatan ini dan memilih pembersihan sungai wilayah kami” ucap Adim.

Akhmad Duli, Manager PLN UP2B Jabar menyatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PLN dalam menjaga lingkungan hidup dan wujud Implementasi prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).

“Jika biasanya sehari-hari kami sibuk mengurusi listrik, hari ini kami ingin bersama-sama terjun untuk ikut serta membersihkan lingkungan. Pengelolaan lingkungan yang baik adalah tanggung jawab kita bersama. Semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini bisa bermanfaat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman” ujar Duli.

Dalam kegiatan tersebut PLN UP2B Jabar juga menyerahkan secara simbolis bantuan berupa peralatan kebersihan dan bibit tanaman. Selain itu juga mengadakan kunjungan singkat ke Inwaste Station, tempat pengolahan sampah organic yang terletak di Desa Rancamanyar.

Di kesempatan yang lain, General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali menambahkan bahwa kegiatan Employee Green Involvement 2024 selain dilaksanakan di DAS Citarum Jawa Barat juga dilaksanakan di Situ Gintung Banten.

“Semua pegawai kami kerahkan untuk membersihkan sampah, memilah sampai dengan mengolah sampah yang dilakukan bersama komunitas peduli lingkungan baik di Situ Gintung maupun di DAS Citarum. Kami ingin semua pegawai berperan serta dalam menjaga lingkungan dari dan untuk Indonesia.” tutup Munawwar.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60