Viral! Elf Nekat Masuk Lautan Pasir Bromo, Kok Bisa…

banner 468x60

ilustrasi.

Radarjakarta.id | PROBOLINGGO – Video viral di media sosial, puluhan rombongan kendaraan elf melintas di lautan pasir wisata Gunung Bromo. Video tersebut diambil oleh salah satu sopir mobil jip berwarna putih yang juga sedang melintas di lokasi.

Dalam video amatir berdurasi 36 detik yang direkam dan viral tersebut dibagikan akun Instagram @seputar_pasuruan. Disebutkan kejadian itu diambil saat libur panjang Waisak pada Jumat (24/5/2024) pagi.

Pasalnya, sesuai aturan, hanya kendaraan wisata dan petugas diizinkan masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sedangkan untuk kendaraan pribadi maupun umum yang tidak memenuhi spesifikasi dan teknis tertentu itu dilarang.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BB TNBTS nomor : SK.88/21/BT.1/2012 tentang Pengaturan Transportasi Kendaraan di Kawasan Lautan Pasir pada Tanggal 20 Desember 2012 dari semua pintu masuk ke kawasan Gunung Bromo.

Kepala Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Sunaryono mengatakan, puluhan Elf yang masuk lautan pasir melanggar, karena di situ memang jalur Jeep. Tapi Dia kembalikan lagi kepada pihak wisatawan, sudah memesan Jeep atau tidak, kita tidak tahu  pelaku usaha pasti akan kena imbasnya.

Mengingat lokasi tersebut sudah masuk di wilayah kerja BB TNBTS. Terlebih, pihak desa juga tidak mengetahui proses sebelum 22 kendaraan Elf masuk.

“Jadi masalah diizinkan oleh pihak BB TNBTS kami tidak tahu persis, yang jelas itu ranahnya TNBTS. Kita juga sering menyampaikan jika keterkaitan kenyamanan wisatawan ayo duduk bersama dan juga aturan yang ada juga dipatuhi bersama,” pungkasnya.***

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60