Polsek Dramaga Amankan Seorang ODGJ, Untuk di Serahkan Kepada Pihak Keluarganya

banner 468x60

Radarjakarta.id | BOGOR – Polsek Dramaga menyerahkan Sdr. Yudhi Candra Maulana (23) kepada keluarganya setelah sebelumnya diamankan oleh warga karena perilaku mencurigakan. Penyerahan dilakukan pada Selasa, 21 Mei 2024, pukul 20.00 WIB.

Kapolsek Dramaga AKP Hartanto,SH menjelaskan dimana Peristiwa bermula pada Minggu, 19 Mei 2024, sekitar pukul 19.30 WIB, ketika warga Kp. Cangkrang Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. melihat seorang laki-laki dengan gerak-gerik mencurigakan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Yusuf Sodikin, seorang warga, menyaksikan laki-laki tersebut berjalan bolak-balik sambil mengamati sepeda motor yang terparkir. Mengingat sering terjadinya pencurian sepeda motor di daerah tersebut, Yusuf bersama Ketua RT 04 Nanang S, dan beberapa warga lainnya, mengamankan laki-laki tersebut dan melaporkannya ke pihak kepolisian.” Tukasnya

Laki-laki yang kemudian diketahui bernama Yudhi Candra Maulana ini dibawa ke Polsek Dramaga. Dari hasil pemeriksaan, Yudhi menunjukkan tanda-tanda Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dengan jawaban yang berubah-ubah dan tidak jelas.

Pihak Polsek Dramaga kemudian berkoordinasi dengan IPSM Kecamatan Dramaga, yang mengonfirmasi bahwa Yudhi memang mengalami gangguan jiwa.

Setelah mendapat informasi tersebut, IPSM Kecamatan Cianjur menghubungi keluarga Yudhi dan mengatur penjemputan. Pada Selasa 21 Mei 2024, keluarga Yudhi yang diwakili oleh kakak iparnya, Alfian Lesmana, tiba di Polsek Dramaga untuk menjemput Yudhi.

Alfian Lesmana, yang berusia 32 tahun dan tinggal di Kp. Pasir Peuti RT 02/03 Sukaluyu Cianjur, membawa Yudhi kembali ke rumah mereka di Cianjur.

Kapolsek Dramaga pun menyatakan bahwa tindakan cepat warga yang langsung dikoordinasikan yang baik antara pihak kepolisian dan IPSM membantu mengidentifikasi dan menyerahkan Yudhi kepada keluarganya dengan aman.

Polsek Dramaga menghimbau kepada masyarakat untuk terus waspada dan segera melaporkan kejadian-kejadian mencurigakan di lingkungan mereka. | Machrudin*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60