Jokowi Terlibat Susun Kabinet Prabowo-Gibran, Pantaskah..?

banner 468x60

Ilustrasi.

Radarjakarta.id | JAKARTA – Kubu Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah mulai merancang susunan kabinet dengan melibatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, meskipun hasil penghitungan suara belum selesai.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Presiden Joko Widodo disebut tak hanya dilibatkan dalam penyusunan kabinet, namun juga dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain Jokowi, semua ketua umum partai politik (parpol) pengusung maupun pendukung “02” akan terlibat dalam penyusunan struktur kabinet.

Parpol tersebut meliputi, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, Prima, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Jadi para (ketua umum parpol) yang akan membahas. Kemudian setelah itu baru diputuskan nama-namanya, nanti baru akan kelihatan berapa dari parpol, berapa dari non-parpol.

Hal ini justru dapat mengundang pertanyaan publik, apakah struktur kabinet nanti benar-benar menggambarkan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran, atau representasi dari kabinet lanjutan pemerintahan Jokowi yang akan berakhir tahun ini.

Menanggapi hal ini pakar politik Ikrar Nusa Bhakti menyatakan, jika rencana tersebut tetap berjalan, pelibatan Jokowi dalam penyusunan struktur kabinet harus dibatasi.

“Kalau menurut saya harus dibatasi ya. Kenapa? Kalau enggak dibatasi kemudian kita bertanya, ini kabinet Jokowi lanjutan atau kabinet Prabowo?” ujar Ikrar, Jumat (23/2/2024). | Eka*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60