Posyandu ‘Angin Malam’ Panipahan Jemput Bola Atasi Balita Gizi Buruk dan Stunting

banner 468x60

Radarjakarta.id | ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memperkuat pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama di daerah pelosok dengan menghadirkan Posyandu Prima.

Posyandu Prima yaitu memberikan layanan kesehatan dan berkoordinasi setiap kegiatan posyandu di tingkat desa atau kelurahan, sehingga layanan kesehatan lebih mudah diakses dan dekat dengan masyarakat serta terus melakukan pelayanan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di bawah umur lima tahun (balita).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Posyandu ‘Angin Malam’ dibawah binaan Puskesmas Pembantu (Pustu) Penghuluan Panipahan, Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir salahsatu diantaranya dr. Hj. Netti Juliana bersama 2 perawat, didampingi 5 kader posyandu menjemput bola dengan mengunjungi rumah warga (door to door). Kegiatan tersebut bertujuan mendata, melihat langsung, kondisi balita dalam pendistribusian vitamin A serta pemberian obat cacing.

Menurut dr. Hj. Netti Juliana kegiatan pendataan serta penyuluhan gizi secara rutin dilakukan. Hal itu sebagai salah satu upaya preventif untuk mengatasi masalah gizi buruk pada balita.

Ia menjelaskan, Posyandu bukan pengelolaan Dinkes tetapi merupakan hasil swadaya masyarakat. Untuk itu, pihaknya begitu berharap besar kontribusi dan peran dari para kader posyandu yang tentunya menjadi ujung tombak dalam penanganan stunting atau anak/balita gagal tumbuh.

“Para kader posyandu ‘Angin malam’ rutin mengajak warga untuk bersedia memeriksakan anak-anaknya di posyandu, atau door to door, jemput bola bersama kader, mereka selalu semangat mengantarkan kami untuk memeriksakan kesehatan balita yang ada di wilayah ini,” Katanya kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Kelurahan panipahan ada 5 posyandu:

Posyandu pujakesuma
Posyandu kamboja
Posyandu kelong
Posyandu angin malam
Posyandu janur kuning
Posyandu matahari

Dimata kader posyandu ‘Angin Malam’, dr. Hj. Netti Juliana adalah sosok dokter yang baik dan sabar.

“Kami menilai Bu dokter Netti baik banget, wawasannya luas, Mampu Memberi Penjelasan dengan baik ke warga, selalu siap dihubungi dan membantu siapa saja, bu dokter juga Terlihat menikmati Pekerjaannya dan mampu menciptakan suasana mental Balita dan orangtua yang sakit dan yang tidak kalah pentingnya selesai bertugas beliau sering ajak kami para kader makan-makan,” Kata salahsatu anggota kader posyandu ‘Angin Malam’ Normawati. | Santi Sinaga**

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60