Indra Gunawan: PTSL Bukan Sebatas Realisasi Target Kerja tapi Kepastian Hukum untuk Masyarakat

banner 468x60

“Ingat bahwa PTSL bukan hanya sebatas merealisasikan target atau menambah target. Tapi yang terpenting mampu memberikan kepastian dan perlindungan hukum atas hak tanah masyarakat,” tegas Indra Gunawan.

Ketika ditanya apa saja langkah-langkah BPN Kota Depok dalam merealisasikan target PTSL Tahun 2023? kuncinya kata Indra, terletak pada optimalisasi PTSL di empat kecamatan, yaitu Sawangan, Pancoran Mas, Cilodong, dan Bojongsari.

Menguatkan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan unsur terkait untuk mempercepat proses pengumpulan data fisik dan yuridis, penelitian data yuridis untuk pembuktian hak, pengumuman data fisik dan yuridis, serta pengesahan sertifikat tanah.

Langkat tersebut mendukung realisasi PTSL dan percepatan sertifikasi aset pemerintah daerah sebagai sumber daya ekonomi milik daerah yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan pelayanan publik.

BPN Kota Depok berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam mengurus sertifikat tanah aset yang belum terdaftar, seperti tanah untuk kantor, sekolah, puskesmas, taman, dan lain-lain.

“BPN Kota Depok berupaya hadir dan berperan dalam menyelamatkan aset pemerintah daerah yang terancam sengketa atau hilang. Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan reforma agraria dan keadilan sosial di bidang pertanahan,” terang Indra Gunawan.

Target Perubahan PTSL Kota Depok Per Bidang Tahun 2023

1. Jatimulya, Cilodong: 336
2. Kalibaru, Cilodong: 687
3. Cilodong, Cilodong: 254
4. Kalimulya, Cilodong: 213
5. Sukamaju, Cilodong: 674
6. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas: 424
7. Depok Jaya, Pancoran Mas: 104
8. Pasir Putih, Sawangan: 98
9. Pengasinan, Sawangan: 123
10. Cimpaeun, Tapos: 36
11. Cilangkap, Tapos: 100

Total: 3.000 Bidang Tanah. | Eka*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60