Perdana di Jakarta, Chip SIM Card Ponsel Mengadopsi eSIM, Buruan Beli !

banner 468x60

Radarjakarta.id I Jakarta– Sejumlah operator saat ini sudah melakukan perubahan terhadap kartu SIM fisik. Beberapa di antara mereka mulai mengadopsi teknologi Embedded Subcriber Identity Module (eSIM).

Teknologi ini memungkinkan pelanggan, supaya tidak usah repot-repot menggunakan SIM fisik di ponsel pintarnya. Itu berarti pengguna tidak lagi harus membeli kartu perdana di toko, dan menghemat waktu karena dapat memiliki nomor telepon dari rumah saja.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa tercatat ada tiga operator yang menyediakan eSIM. Operator seluler yang dimaksud adalah Smartfren, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Kabar soal Smartfren yang resmi menghadirkan SIM digital, telah diumumkan sejak tahun 2019 lalu. Saat itu Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation Smartfren, menyampaikan kalau mereka menjadi salah satu dari operator 4G pertama di Indonesia, yang mengaplikasikan teknologi ini (29/7).

Sedangkan Indosat Ooredoo Hutchison baru merilis eSIM pada akhir tahun 2022. Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications IOH, mengatakan bahwa mereka sudah menyediakan produk ini di beberapa gerai di DKI Jakarta.

Memang saat ini eSIM besutan IOH baru tersedia di Jakarta. Namun ke depannya, mereka bakal memperluas cakupannya secara nasional.

Operator terakhir yang menyediakan eSIM ada XL Axiata pada tahun 2023 ini. Hanya saja, Retno Wulan, Group Head Corporate Communications XL Axiata, mengungkapkan bahwa kedatangan SIM digital ini tidak langsung menggantikan versi fisiknya.

Ia memberikan contoh, untuk pemadaman jaringan 3G akan dilakukan secara bertahap. Jadi tidak langsung dimatikan begitu saja. “Iya secara alami nanti ke situ, secara natural akan ke situ,” ujar Retno (8/6).

Bagaimana dengan Telkomsel? Saki Hamsat Bramono, Vice Presiddent Corporate Communications Telkomsel, mengatakan saat ini mereka masih meninjau atas implementasi teknologi eSIM.

Nah mungkin banyak warga yang masih bingung dengan istilah ini. Sebagai tambahan informasi, eSIM menjadi sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna mengakses jaringan telepon tanpa menggunakan kartu fisik.

Di sini eSIM juga memiliki beberapa manfaat umum. Pelanggan bisa menyimpan nomor telepon, mengaktifkan paket internet, mengirim atau menerima SMS, dan melakukan panggilan.

(Red)*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60