Kunjungan Wisata KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta keluarga di wilayah Kab. Samosir.

banner 468x60

Radarjakarta.id I SAMOSIR – Seusai kunjungan kerja KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di wilayah Kodam I Bukit Barisan, KASAD menyempatkan diri untuk kunjung wisata ke lokasi destinasi wisata internasional Pulau Samosir untuk menikmati keindahan alam, budaya dan suasana yang ada di pulau Samosir bersama keluarga dan rombongan. Jumat, (9/6/2023).

Kedatangan KASAD beserta rombongan di Pelabuhan Sumber Sari Desa Tomok Parsaoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir menggunakan kapal Patra Jasa No 027 dengan pengawalan Speed Boad milik Bekang AD dan Pol Airud disambut oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST Bupati Samosir, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra beserta istri Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, Ketua DPRD Samosir Sorta Ertaty Siahaan, Pj. Sekda Samosir Naslindo Sirait, Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, Dandenpom 1/2 Sibolga Letkol CPM Dwijo Setyono, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Rombongan KASAD terdiri dari KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta istri, Asops Kasad Mayjen TNI Dian Sundiana, Aster Kasad Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep, Danrem 132/TDL Kodam XIII/Mdk Brigjen TNI Dody Triwinarto, Danrem 022/PT Kolonel Inf. Luqman Arief, Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalak Kodam I/BB, Dan Brigif 7/RR Kolonel Inf. Nur Wicahyanto, Danrindam I/BB Kolonel Inf. Charles Binsar Parulian Sagala SH, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, dan Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C. Sipayung

Kedatangan Rombongan KASAD disambut dengan Penyerahan bunga sekaligus persembahan tarian Tor-tor Batak oleh Masyarakat Pulau Samosir yang merupakan tarian penting dalam upacara adat masyarakat batak.

Setelah menerima persembahan tarian tortor KASAD beserta rombongan menuju objek Wisata Huta Siallagan yang disambut oleh Gading Siallagan beserta masyarakat dan KASAD beserta istri berkesempatan menerima Ulos, Pisau Halasan Raja dan Tungkot Balehat Raja.

Selain dijadikan sebagai pakaian, ulos juga sering dijadikan hadiah seremonial karena kain ini menyimbolkan status Suku Batak. Ulos inilah yang kemudian identik dengan pakaian adat Suku Batak. Bahkan, kain ulos menjadi identitas atau bagian dari Suku Batak.

Piso Halasan adalah pedang yang berasal dari Tapanuli Utara Batak Sumatra Utara. Piso Halasan biasanya dimiliki seorang pemimpin batak yang sudah memiliki otoritas hingga di tingkat Bius.

Tungkot Balehat Raja memiliki makna dan filosofi yang kuat dalam budaya Batak Toba, tongkat Balehat Raja untuk menjadi semacam perlambang kekuatan kepada KASAD dalam rangka menjalankan kepemimpinannya.

Di lokasi wisata Huta Siallagan KASAD beserta rombongan menikmati keindahan Huta Siallagan diantaranya mendengarkan sejarah Huta dan Raja Siallagan yang dibawakan oleh Gading Siallagan, melaksanakan Tarian Tor-tor Gondang Somba dan Gondang mangaliat, mendengarkan sejarah Batu persidangan dan Tempat eksekusi/pemenggalan dan sampai Belanja Souvenir di Siallagan.

Masyarakat Samosir sangan antusias menyambut Kedatangan KASAD beserta rombongan, begitu juga dengan Personel Kodim 0210/TU yang merupakan suatu kebanggaan karena wilayahnya didatangi oleh KASAD yang merupakan pimpinan tertinggi di Angkatan Darat.

Di sela-sela kunjungan wisata KASAD beserta Rombongan menyempatkan diri untuk beribadah Sholat Jumat di Masjid Raya Al Hasanah Pangururan jalan Danau Toba Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, suatu pemimpin yang arif, bijaksana dan sebagai panutan.

(Wardana)*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60