Kereta Cepat yang Terancam Batal Beroperasi Agustus 2023

banner 468x60

Radarjakarta.id I Jakarta – Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) terancam tertunda pengoperasianya pada Agustus 2023 mendatang. Pasalnya, dikabarkan Kementerian Perhubungan dan tiga pihak konsultasi menolak rencana tersebut.

Penolakan rencana operasi pada Agustus tahun ini terungkap dalam dokumen internal yang berjudul “Progress Update”. Dalam dokumen itu disebutkan kemungkinan operasi komersil KCJB ditunda hingga Januari 2024.

Dikutip dari Reuters, operasi komersil KCJB ini baru bisa dilakukan setelah memastikan semua pembangunan konstruksi selesai per 31 Desember 2023. Sebelumnya, rencana operasi pada Agustus ini memang dibuat untuk menjadi persembahan Hari Ulang Tahun RI ke-78.

Lantas, apa saja yang membuat operasi kereta cepat Jakarta-Bandung ini kembali tertunda? Berikut rangkuman informasi mengenai melihat masalah kereta cepat yang kemungkinan batal beroperasi Agustus.

Beberapa bulan sebelum peluncuran dilakukan, mega proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sempat terkendala. Salah satunya adalah adanya keinginan peserta konsorsium Cina mengenai sertifikat kelayakan operasional penuh untuk jalur kereta meski belum memiliki stasiun yang lengkap.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pemerintah diminta menyelesaikan proses konstruksi terlebih dahulu. Pasalnya, apabila pengujian dilakukan bersamaan dengan penyelesaian konstruksi, dikhawatirkan proses pengujian menjadi tidak runut dan teliti.

Di samping permasalahan konstruksi yang belum selesai, pemerintah Indonesia juga masih melakukan negosiasi mengenai penambahan pinjaman dengan Cina. Pinjaman baru ini dibutuhkan untuk menutup kelebihan biaya proyek sebesar US$ 1,2 miliar.

Padahal, pada awalnya proyek ini didapatkan setelah mengajukan proposal dengan dana yang lebih sedikit. Sayangnya, proses pembangunan tidak berjalan mulus karena berbagai masalah, seperti Covid-19 dan sengketa kepemilikan tanah.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60