Hari ini! Ajang Formula E Jakarta E-prix 2023 di Ancol, Polisi Siapkan 250 Personel Pengamanan

banner 468x60

Radarjakarta.id I Jakarta – Perlombaan balapan mobil listrik Formula E di JIEC, Ancol, Jakarta Utara, bakal digelar hari ini. Ratusan personel gabungan disiapkan untuk pengamanan ajang Formula E.


“Jumlah total 250 personel,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Jumat (2/6/2023).

Latif mengatakan para petugas tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik. 250 personel terdiri dari 180 mako subdit dan 70 satlantas.

Selain itu, Polda Metro juga akan menyiapkan mobil derek dan tim urai kemacetan. Kendaraan derek akan ditempatkan di TL Bintang Mas dan Jembatan Goyang. Sedangkan 1 tim urai ada di TL Pasir Putih.

Polda Metro Jaya juga menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan Formula E Jakarta E-prix 2023.

“Ada tiga cara bertindak, kategori hijau, kuning, merah,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Jumat (2/6).

Latif menjelaskan jika situasi merah, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Hal itu dilakukan apabila kantong parkir di kawasan Ancol sudah penuh, serta sebagian jalan di Ancol sudah dijadikan sebagai lokasi parkir.

Selain itu, rekayasa lalin juga dilakukan jika terjadi antrean yang menumpuk di pintu masuk kawasan Ancol. Kemudian, kantong parkir cadangan di luar kawasan Ancol telah penuh.

“Jalan-jalan di sekitar kawasan Ancol (Lodan Raya, RE. Martadinata) sudah macet, sirkulasi lalin tidak bergerak radius kemacetan 1 kilometer,” katanya.

Maka akan dilakukan sejumlah rekayasa lalin:
1. Dilakukan pengalihan arus di: setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, jembatan Hailay, Traffic Light Bintang Mas, Traffic Light Mangga Dua, Traffic Light Pasir Putih, Jembatan Goyang, dan Jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.
2. Dari arah Penjaringan: dialihkan di perempatan Parangtritis belok kanan kembali ke Penjaringan atau Kampung Bandan, arah Tamansari.
3. Dari arah Gunung Sahari: dialihkan ke kiri ke Jalan Mangga Dua Raya Jakpus.
4. Dari arah Kemayoran: putar balik di Bundaran Kemayoran atau masuk ke Tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur.
5. Dari arah Tanjung Priok: RE Martadinata-Gunung Sahari.
6. Dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dan keluar Ancol Timur ditutup.

Lebih lanjut, Latif menjelaskan pengalihan arus lalin juga turut disiapkan di sekitar tol, apabila situasi dalam kategori merah, sebagai berikut:
1. Di keluar Ancol Barat, keluar Kemayoran dan keluar Ancol Timur dari arah.
2. Dari arah bandara: diarahkan ke keluar Tol Tanjung Priok,Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano-RE Martadinata atau pos 6 putar balik-masuk di Gerbang Tol Tanjung Priok 2 atau putar balik depan Mapolres masuk Gate Kebon Bawang.
3. Dari arah Cawang/Tanjung Priok: diarahkan ke keluar Tol Gedongsongo, kemudian dan ke Lodan Raya kembali.

(Red)*





banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60