Lapas Pasuruan Laksanakan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, Gandeng Koramil Razia Blok Hunian dan Tes Urin bagi Warga Binaan

banner 468x60

Radarjakarta.id | PASURUAN – Lapas Pasuruan kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung program Pemasyarakatan Maju dengan menerapkan tiga kunci utama yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Pada razia kali ini, pihak lapas bekerja sama dengan Koramil Kec. Purworejo, kota Pasuruan. Kegiatan dimulai dengan apel malam yang dipimpin oleh Ka. KPLP, Taufiqul Hidayatullah.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Sinergi ini menjadi langkah nyata dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan lapas, juga komitmen kami memberantas peredaran narkoba, sekaligus memastikan para warga binaan bebas dari penyalahgunaan narkoba.” ujar Taufiqul.

Razia berlangsung pada malam hari dengan menyasar beberapa blok hunian. Petugas gabungan secara teliti memeriksa setiap sudut kamar, menggeledah setiap Warga Binaan yang keluar blok hunian dan memastikan tidak ada barang terlarang yang masuk. Operasi berjalan tertib dan terkoordinasi.

Selain memeriksa kamar, tes urin juga dilakukan secara acak kepada sejumlah warga binaan. Tes ini dilakukan untuk memastikan mereka tetap bersih dari pengaruh narkotika, sejalan dengan salah satu dari tiga kunci Pemasyarakatan Maju yaitu deteksi dini terhadap gangguan keamanan.

Kepala Lapas Pasuruan, Ma’ruf Prasetyo Hadianto, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen bersama dalam menciptakan lapas yang bersih dari narkoba dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip pembinaan.

Kerja sama dengan Koramil diyakini akan terus berlanjut dalam berbagai operasi serupa di masa mendatang.

“Ini bukan hanya kegiatan rutin untuk menjaga keamanan, tetapi juga sebagai langkah preventif agar warga binaan benar-benar menjalani proses pemulihan dan pembinaan dengan maksimal, demi menyongsong masa depan yang lebih baik.” imbuh Ma’ruf.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60