Hari Ini Jokowi Resmikan Tol Jogja-Solo, Ruas Banyudono-Ngawen

banner 468x60

Radarjakarta.id | SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan jalan tol Jogja-Solo Seksi 1.1 segmen Kartasura-Ngawen ruas jalan tol sepanjang 22 kilometer sudah rampung 100 persen dibangun oleh PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ).

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah membenarkan bila peresmian Tol Jogja-Solo ruas Kartosuro-Klaten akan berlangsung pada Kamis (19/9/2024) pukul 15.00 WIB.  “Hari ini jam tiga sore, [diresmikan] Pak Jokowi,” tegas Amin ditemui pada Kamis (19/9/2024).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Jelang peresmian oleh Jokowi hari ini, PT JMJ selaku pengelola Tol Jogja-Solo melakukan serangkaian uji coba. Tes yang dilakukan pada 11 September 2024 hingga 13 September 2024 itu meliputi uji laik fungsi dan uji laik operasi.

Jalan Tol Jogja-Solo resmi mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi. Ini bukti jalan tol sudah sesuai standar keselamatan, teknis, dan operasional berdasarkan ketetapan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, serta Korlantas Polri.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menegaskan ini merupakan langkah krusial memastikan jalan tol sepanjang 22,3 km ini sudah memenuhi seluruh spesifikasi teknis. Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten akhirnya siap digunakan usai melewati 3 tahun masa pembangunan.

“Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol. Proses ini dilakukan oleh instansi berwenang. Setelah lolos uji, tarif tol akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelas Rudy dalam keterangan resmi.

“Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca, dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan infrastruktur jalan tol ini tetap terjaga. Pemeriksaan secara berkala juga akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya juga masih mengebut pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 1.2 sampai ke Prambanan. Ditargetkan jalan tol ini bisa kelar akbir tahun ini.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60