TK Santo Kristoforus II Kalideres Jakbar Turut Sukseskan Imunisasi Polio

banner 468x60

Petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak di TK Santo Kristoforus II Citra Garden 2 Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (26/7/2024).

Radarjakarta.id | JAKARTA – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 di DKI Jakarta resmi di canangkan untuk anak usia 0-7 tahun bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada Selasa, 23 Juli 2024.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

PIN Polio di DKI Jakarta dilaksanakan dalam dua putaran dengan target harian minimal sebanyak 181.930 anak menerima vaksin dua tetes lewat mulut dari total target sebanyak 1.209.303 anak. Target masing-masing dosis sebesar 95 persen.

Untuk mencapai target tersebut, (Plt) Asisten Kesejahteraan Sosial Setda (Askesra) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan strategi seperti dilakukan di RPTRA, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sekolah-sekolah, tempat wisata dan sebagainya.

Untuk mendapatkan imunisasi polio dalam program PIN Polio 2024 Tahap 2, masyarakat dapat datang langsung ke Posyandu, Puskesmas, Pos Pelayanan Imunisasi terdekat di masing-masing wilayah. Imunisasi ini juga diselenggarakan di beberapa sekolah.

Di Taman Kanak-kanak Santo Kristoforus II Kalideres Jakarta Barat, pemberian PIN Polio melibatkan petugas kesehatan Puskesmas Pegadungan dengan memberikan vaksin Polio untuk 75 anak-anak didik menerima vaksin dua tetes lewat mulut, selama 2 Hari, Kamis-Jumat, 25-26 Juli 2024.

Kepala TK St. Kristoforus II Elisabet Setyo Sri Kenyo Weningsih, S.Ag. saat diwawancara Radarjakarta.id mengungkapkan bahwa program  PIN Polio 2024 yang telah dilaksanakan disekolahnya mendapat dukungan dari para orangtua siswa, karena pemberian vaksin Polio mencegah anak-anak didiknya terhindar dari kelumpuhan karena penyakit Polio.

“Kami berterima kasih sekali kepada orangtua yang mendukung dan petugas kesehatan dari puskesmas, yang telah memberikan vaksin Polio untuk anak-anak didik kami,” Katanya.

Menurut data kesehatan RI, Polio (poliomyelitis) terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Satu dari 200 infeksi Polio menyebabkan kelumpuhan permanen. Di antara mereka yang mengalami kelumpuhan, 5–10% meninggal karena mengalami kegagalan pernapasan. Situasi dan kondisi Polio di Indonesia dalam kurun waktu tahun 2022-2024 ternyata tidak baik-baik saja. Terdapat kemunculan kasus Polio sebanyak 12 kasus yang tersebar di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, dan yang terbaru di wilayah Banten, yang semuanya tergolong dalam penyakit Polio dengan gambaran klinis kelumpuhan. Selama masih ada satu anak yang terinfeksi, anak-anak di semua wilayah berisiko tertular polio. Untuk memutus mata rantai penularan kasus maka dilaksanakanlah Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

PIN Polio DKI Jakarta tahun ini menyasar sebanyak 1.209.303 anak usia 0 – 7 tahun dengan target harian minimal sebanyak 181.930, serta dilaksanakan sebanyak 2 dosis, dengan target masing dosis sebesar 95%. Dimana dosis pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Juli – 3 Agustus 2024, dan dosis kedua akan dilaksanakan pada 6 Agustus – 17 Agustus 2024.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60