Fenomena! Anak-anak Cuci Darah di RSCM, IDAI Angkat Bicara

banner 468x60

Ilustrasi

Radarjakarta.id | JAKARTA – Media sosial (medsos) diramaikan dengan kabar menyedikan, fenomena anak-anak berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.(RSCM) untuk cuci darah. Kasus anak ke RSCM yang menjalani cuci darah menjadi pembahasan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dokter Spesialis Anak di RSCM Eka Laksmi Hidayati mengatakan memang benar RSCM membuka layanan cuci darah untuk anak. Pasien bukan hanya berasal dari Jakarta, tapi juga dari luar Pulau Jawa.

Dia menegaskan tidak terjadi lonjakan kasus anak ke RSCM yang menjalani cuci darah.
“Jadi kita cukup kaget ya karena ada berita-berita terkait ini, padahal di RSCM kita tidak mengalami lonjakan,” ujar dr Eka dalam siniar di RSCM Kencana, Kamis (25/7/2024).

“Saat ini total yang kami tangani untuk pasien anak yang melakukan cuci darah itu ada sekitar 60 pasien. Rata-rata usia 12 tahun ke atas jadi memang masuk kategori remaja,” kata Eka.

Hal ini pun sontak membuat warganet kaget dan tidak menyangka. Sebab kondisi gagal ginjal umumnya dialami orang dewasa.

“Asli syok, di RSCM banyak bocil-bocil. Kirain berobat apaan, ternyata pada cuci darah,” tulis unggahan tersebut.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso mengatakan setidaknya 1 dari 5 anak Indonesia berusia 12-18 tahun berpotensi mengalami kerusakan ginjal. Penyebabnya adalah gaya hidup mereka yang kurang sehat.

Melalui survei yang dilakukan IDAI ditemukan kondisi hematuria dan proteinuria pada urine anak-anak, yakni adanya darah dan protein dalam air kencing mereka.

“Salah satu pakar ginjal IDAI bikin survei di anak-anak remaja usia 12-18 tahun. Ternyata 1 dari 5 anak remaja itu dicek urinenya terdapat hematuria dan proteinuria. Jadi ada darah dan protein dalam urine,” kata dr Piprim saat ditemui di Kantor IDAI, Selasa (23/7/2024).

dr Piprim menekankan pola makan dan minum anak-anak yang saat ini terbilang kurang baik. Menurutnya, anak-anak saat ini masih suka mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60