TMMD Ke-121 Kodim 0210/TU Resmi Dibuka, TNI Siap Sejahterakan Warga di Pulau Samosir

banner 468x60

Radarjakarta.id | TAPUT – Secara serentak di 50 Kabupaten /Kota Indonesia kegiatan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Tahun 2024 dilaksanakan, TMMD Ke – 121 Kodim 0210/Tapanuli Utara resmi dibuka bertema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” bertempat di Dusun III Tulas Desa Siboro Kecamatan Sianjur Mula-mula Kabupaten Samosir, Rabu (24/7/2024).

Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, ST, sebagai Irup membuka TMMD Ke 121 dengan Penandatangan Naskah Program TMMD 121 dan diawali tarian adat Batak penyambutan oleh Sanggar Tari Enjel terhadap Forkopimda

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Bertindak sebagai Perwira Upacara : Kapten Inf B. Siboro dan Komandan Upacara Kapten Arh Edi Waryanto.

Sedangkan peserta upacara Pok Perwira, Denkesyah 01.04.02 Sibolga 3 orang, personil Kodim 0210/TU 114 orang, Personil Yonif 123/RW 40 orang, Personil Lanud Soewondo Medan 2 orang, Personil Lanal Sibolga 2 orang, Personil Polres Samosir : 33 orang, Pers Subdenpom Balige 3 orang, Satpol PP 13 orang, mahasiswa UNIMED 20 orang dan Pramuka SMP 1 Sianjur Mula mula 28 orang

Turut hadir Dansatgas TMMD 121 yakni Dandim 0210/TU, Letkol Inf Saiful Rizal S.hub.Int., M.H.I beserta Ibu, Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean, Mewakili Kajari Samosir Richard Simaremare, Kasi Ter Korem 023/KS Mayor Inf Hermansyah, Pabung Humbahas Mayor Arm Ojak Simarmata, Pabung Samosir Kapten Arm G. Sebayang, Dansub Denpom Balige Kapten CPM Almuhar Chaniago, Pasi Intel Dim 0210/TU Kapten Inf M. Silitonga, Pasi Pers Dim 0210/TU Kapten Inf B. Siboro, Pasi Ter Dim 0210/TU Kapten Inf G. Sihombing, Dan Unit Intel Dim 0210/TU Lettu Inf N. Tumangger.

Kemudian hadir juga Kadis Perhubungan Samosir Laspayer Sipayung, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong, SH, Para Pimpinan OPD Samosir, Para Danramil Jajaran Kodim 0210/TU personil Kodim 0210/TU, Personil Lanud Soewondo Medan, personil Lanal Sibolga, Kepala desa Siboro Sarmi Irmadi Rajagukguk, Kepala desa Hutaginjang Sudianto Sagala, Ibu Persit Dim 0210/TU.

Secara resmi Dansatgas menyerahkan Penandatangan Naskah Program TMMD ke 121 TA. 2024 kepada Pemkab Samosir dan penyematan tanda peserta TMMD ke 121 TA. 2024 dilanjutkan pemukulan gong.

Kegiatan mewujudkan Pemda membantu percepat pembangunan wilayah mulai 24 Juli sd 22 Agustus 2024 dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Pangdam I/BB nomor : ST/188/2024 tanggal 28 Februari 2024 tentang perintah untuk merencanakan dan melaporkan pelaksanaan kegiatan TMMD ke 121 TA 2024 dan ST Danrem 023/KS Nomor : ST/114/2024 tanggal 07 Maret 2024 tentang perintah untuk merencanakan dan melaporkan pelaksanaan kegiatan TMMD ke 121 TA 2024 serta Surat Kepala Desa Hasinggahan Nomor : 100/330/HGGN/VII 2024 tanggal 09 Juli 2024 tentang permohonan pembukaan jalan baru dari Dusun I menuju Lagundi Desa Hasinggahan Kecamatan Sianjur Mula-mula melalui TMMD Kodim 0210/TU.

Selama sebulan TNI berkolaborasi melaksanakan program Sasaran Fisik berupa Pembukaan Jalan baru sepanjang 2.300 meter, Pembuatan gorong gorong 2 Unit, pembuatan DIK TPT 60 Meter dan Pembuatan Plat Dwiker 1 Unit

Untuk sasaran Non Fisik Penyuluhan PPBN oleh Kodim 0210/TU, Penyuluhan wawasan Nusantara oleh Kodim 0210/TU, Penyuluhan Narkoba Oleh Polres Samosir, Penyuluhan Hukum oleh Kajari Samosir, Penyuluhan KB oleh BKKBD Samosir, Penyuluhan Kesehatan oleh Dinkes Samosir, Penyuluhan Stunting oleh Dinkes Samosir dan Penyuluhan Bahaya Judi.

Untuk personel Satgas TMMD dan peralatan terdiri dari Ko Satgas 15 orang,Tim Asistensi 25 orang, SSK 110 orang, terdiri dari TNI AD : 90 orang, TNI AU 5 orang,, TNI AL 5 orang, Polres Samosir 10 orang, Masyarakat 50 orang dengan total jumlah 200 orang.

Alat berat yang dikerahkan berupa Excavator 3 Unit, Bulldozer 1 Unit, Breaker 1 Unit, Cangkul 45 Buah, Sekop 10 Buah, Plengki 10 Buah dan Tenda Pleton 3 Buah.

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan Amanat, Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha kuasa atas segala berkat dan perlindungan-nya sehingga kita dalam keadaan sehat dan dapat bertemu, berkumpul di tempat ini, dalam rangka acara pembukaan kegiatan tni manunggal membangun desa (TMMD) ke-121 tahun 2024 di desa hasinggaan, kecamatan sianjur mulamula kabupaten samosir.

Selamat datang kami ucapkan kepada bapak/ibu di kabupaten samosir, negeri indah kepingan surga, semoga udara sejuk, panorama indah kabupaten samosir dan danau toba yang mempesona dapat membahagiakan seluruh peserta dalam rangkaian acara kegiatan yang terselenggara pada hari ini.

Program TMMD merupakan program lintas sektoral, yang melibatkan unsur-unsur tni, pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat dalam kegotongroyongan dan kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan desa, disamping hal tersebut, TMMD juga diharapkan sebagai wahana kebersamaan, kekeluargaan serta memperkuat kebersamaan antara pemerintah, masyarakat dan TNI.

TMMD merupakan cerminan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa indonesia, ini menjadi panggilan bagi kita semua untuk berpartisipasi, bergandengan tangan, dan bekerja bersama demi mencapai kemajuan dalam kebersamaan, memperkuat kesatuan dan persatuan, serta mewujudkan kemanunggalan tni dan rakyat yang tangguh dan pada saat yang berbahagia ini, kita patut bersyukur, karena kita dapat menyatukan karsa dan karya, dalam kegiatan TMMD ke-121 TA 2024, yang akan dilaksanakan hingga tanggal 22 Agustus 2024 mendatang.

Program TMMD saat ini menitikberatkan pembukaan akses jalan wilayah yang belum memiliki prasarana jalan di wilayah desa hasinggaan, dengan tujuan untuk percepatan mobilitas dan distribusi hasil-hasil pertanian dan komoditas lainnya yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat, disamping hal tersebut kegiatan ini.

Diharapkan dapat mendukung program destinasi pariwisata super prioritas danau toba, khususnya di wilayah kabupaten samosir dalam pelaksanaan tmmd, disamping membuka akses jalan, juga dilaksanakan program unggulan kepala staf angkatan darat, yaitu manunggal air bersih dengan membangun beberapa sumur bor di tempat yang sulit mendapatkan air di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Samosir, menyatu dengan alam dengan kegiatan penanaman pohon dan menjaga kebersihan lingkungan, berupa pembersihan eceng gondok di sekitaran danau toba, rehabilitasi rumah tidak layak huni dan mandi cuci kakus, pengurangan jumlah angka stunting termasuk kegiatan penyuluhan lainnya.

Atas pelaksanaan TMMD pada hari ini, saya, atas nama pemerintah kabupaten samosir, mengucapkan terima kasih kepada Danrem 023/KS, Dandim 0210/TU dan semua anggota yang berpartisipasi, untuk itu, mari kita semua, dengan dipandu semangat tmmd, terus berjalan bersama, membangun negeri ini dengan tangan kita sendiri.

ini adalah waktu kita untuk berkontribusi secara nyata, seiring membangun kekuatan sejati indonesia melalui gotong- royong dan solidaritas, bersama kita tidak hanya membangun desa, tapi juga membangun masa depan bangsa yang lebih sejahtera dan lebih kuat.

Terima kasih kepada forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten Samosir TNI Polri dengan jajarannya, beserta seluruh masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat, atas kontribusi waktu, tenaga, dan pemikirannya, untuk kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan TMMD ini dengan harapan semoga kegiatan TMMD ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapkan kita bersama. |Wardana*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60