Progam Pemerataan Pendidikan yang Digagas Mahasiswa LSPR Hadir di Kampung Sepatan

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Program Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong dari LSPR Communication and Business Institute resmi hadir untuk memberikan dorongan kepada siswa, orang tua, dan guru di Kampung Sepatan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (5/7/2024).

Program yang digagas PRIME Public Relations Consultant yang terdiri dari 30 mahasiswa/i jurusan Public Relations dalam kelas 25 PRDC 5-SP ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang lebih terdidik dan berpengetahuan serta mampu bersaing di tingkat global.

Perlu diketahui, kata Gasong sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ungkapan harfiah untuk kumuh, kotor atau dekil. Dan dalam hal ini merupakan metafora dari “ketertinggalan dan kemiskinan” terutama di sektor pendidikan.

Ketua Program Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong, Ivana Yahzeya mengungkapkan alasan pihaknya memilih Kampung Sepatan karena berdasarkan riset ditemukan kekurangan dan ketertinggalan di wilayah tersebut.

“Selain itu, dikarenakan anak-anak dari Kampung Sepatan sebagian besar bersekolah di SD Islam Darut Tauhid di Kampung Bedeng. Karena itu, program ini juga dilaksanakan di Kampung Bedeng yang difokuskan pada SD Islam Darut Tauhid,” kata Ivana dalam konferensi persnya, Jumat (5/7/2024).

Dijelaskan Ivana, progam Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong sebelumnya telah berhasil mendonasikan 601 buku pada 14 Juni 2024, sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi di Kampung Sepatan.

Oleh karena itu, lanjut dia, peresmian Revitalisasi Taman Bacaan Cerah juga telah dilakukan pada 5 Juli 2024 di depan Masjid Al Ikhlas, Kampung Sepatan, menandai langkah penting dalam memajukan pendidikan di komunitas tersebut.

Selanjutnya, PRIME Public Relations Consultant dengan bangga mengumumkan program les gratis untuk anak-anak SD yang akan berlangsung pada Juli 2024. Program ini akan berfokus pada empat mata pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.

Lewat program ini, Anak-anak akan menerima makanan ringan dan satu set alat tulis gratis. Program les gratis dijadwalkan berlangsung pada hSenin, 8 Juli 2024, Rabu, 10 Juli 2024, Senin, 15 Juli 2024, dan Rabu, 17 Juli 2024 pada pukul 10.00–12.00 WIB.

Sementara itu, pada Jumat, 12 Juli 2024, SD Islam Darut Tauhid di Kampung Bedeng akan menjadi tuan rumah bagi Program Perlombaan yang ditujukan untuk anak-anak SD dari Kampung Sawah, Kampung Sepatan, dan Kampung Bedeng. Program ini menyajikan serangkaian perlombaan yang menarik, meliputi Mewarnai untuk kelas 1–3, Storytelling & Cerdas Cermat untuk kelas 4–6.

Setiap kategori lomba akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk berkompetisi dalam mengasah bakat dan kreativitas mereka. Pemenang dari setiap kategori akan mendapatkan hadiah yang menarik serta merchandise eksklusif sebagai penghargaan atas prestasi mereka dalam acara ini.

Adapun program terakhir merupakan program Pelatihan Guru yang akan didukung oleh Yayasan Cahaya Guru. Program ini bertujuan untuk meningkatkan metode pengajaran dan kepemimpinan di SD Islam Darut Tauhid. Program ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 25 Juli 2024, dan terbuka bagi Kepala Sekolah, guru, dan staf sekolah.|Ilham*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60