Catat! Polemik Tapera, Moeldoko: Tapera Tidak Akan Ditunda

banner 468x60

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Radarjakarta.id/Faisal 6444).

Radarjakarta.id | JAKARTA – Pro kontra terkait polemik program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), masyarakat resah karena potongan gaji akan di rasakan sangat membebani para pekerja.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada Jumat, 31 Mei 2024 di kompleks Istana Jakarta, mengatakan, polemik yang muncul di masyarakat mengenai Tapera, karena pemerintah kurang mensosialisasikannya.

“Kesimpulan saya bahwa Tapera ini tidak akan ditunda, wong memang belum dijalankan. Sejak ada perubahan Bapertarum ke Tapera, ada kekosongan dari 2020 ke 2024. Tidak ada sama sekali iuran, karena memang Tapera belum berjalan,” kata Moeldoko.

Moeldoko menambahkan bahwa program iuran Tapera yang dikelola BP Tapera tidak akan ditunda. Program ini akan tetap berjalan pada 2027.

Ia menegaskan sejak ada perubahan dari Bapertarum ke BP Tapera, bahkan sampai sekarang belum ada sama sekali iuran yang diaplikasikan kepada seluruh pekerja di Indonesia baik swasta maupun pegawai negeri.

Moeldoko menyatakan iuran Tapera sebesar 3% gaji akan diterapkan setelah ada peraturan dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Ketenagakerjaan.

“Nanti akan berjalan untuk ASN yang setengah persen APBN setelah ada peraturan menteri dari Kemenkeu. Selanjutnya untuk pekerja swasta setelah ada Peraturan Menteri dari Kemenaker, itu baru berjalan dengan baik,” pungkasnya.***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60