Cuaca Panas Mendidih! Suhu Panas di Jakarta Mencapai 34 Derajat

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Cuaca panas ekstrem melanda sejumlah wilayah di Asia Selatan dan Tenggara yang mengalami gelombang panas ekstrem hingga mengeluarkan peringatan kesehatan. Sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar dan masyarakat diimbau pergi ke taman dan mal untuk meredam kepanasan, Bagaimana dengan Indonesia?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca panas yang akhir-akhir ini terjadi disebabkan posisi matahari yang berada tidak jauh dari ekuator yang sekarang sedang berada di belahan bumi utara (BBU).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

BMKG memperkirakan Indonesia akan memasuki musim kemarau 2024 pada bulan Mei hingga Agustus. Namun, Tanah Air berpotensi terhindar dari potensi gelombang musim panas ekstrem ( heat wave ) seperti yang terjadi di Thailand dan Filipina.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhan mengatakan di Indonesia belum pernah terjadi kasus gelombang musim panas ekstrem.

Sebab, faktor adanya variabilitas tekanan udara permukaan laut /Mean Sea Level Pressure (MSLP) yang cenderung kecil sehingga cukup sulit terjadinya daerah pusat tekanan tinggi.

Andri memaparkan bahwa saat ini berdasarkan analisa pada bulan April Dasarian II, Andri menjelaskan sebanyak 8 persen atau 53 zona musim (ZOM) wilayah Indonesia yang sedang mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, Riau bagian utara, sekitar Pangandaran Jawa Barat, sebagian Sulawesi Tengah dan sebagian Maluku Utara.

“Sedangkan berdasarkan prakiraan musim kemarau tahun 2024, sebagian besar wilayah indonesia akan memasuki awal musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus dengan mengalami puncak musim kemarau sebagian besar pada bulan Juli hingga Agustus,” paparnya.

Terbaru, Suhu di Jakarta panas menyengat hari ini, Selasa (30/4). Tercatat suhu di Ibu Kota mencapai 34 derajat Celcius pada siang hari, namun malam harinya hujan sedang.

Diluar Tanah Air, fenomena cuaca ekstrem ini telah menyebabkan 30 orang meninggal dunia akibat heatstroke antara 1 Januari sampai 17 April 2024. Indeks panas mengungkap bahwa suhu telah mencapai tingkat yang “sangat berbahaya.”

Suhu di Bangkok mencapai 40,1 derajat celcius pada Rabu, 24 April 2024, dan suhu serupa diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang. Menurut The Nation, cuaca di Bangkok, khususnya, dikatakan mencapai 41 derajat celcius pada Jumat, 26 April 2024.

Secara umum, bulan April memang jadi waktu terpanas sepanjang tahun di Negeri Gajah Putih. Namun, pola cuaca El Nino memperburuk keadaan. Ini adalah pola iklim yang menyebabkan pemanasan permukaan air yang tidak biasa di Samudra Pasifik bagian timur. | ND*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60