WADUH! Oknum Brimob Terlibat Bentrok Dengan Oknum TNI AL di Pelabuhan Sorong

banner 468x60

Radarjakarta.id | PAPUA  BARAT DAYA – Oknum Brimob Polri  dan Oknum Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) bentrok di Pelabuhan Sorong Papua Barat Daya , Minggu (14/4/2024). Lima korban luka-luka pun dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa bentrok itu terjadi tepatnya di pintu masuk ruang tunggu keberangkatan kantor Pelindo IV Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, pukul 09.30 WIT.

Perkelahian tersebut bermula dari adanya anggota TNI AL Marhanlan XIV /Sorong yang menegur personel Brimob Polda Papua Barat yang sedang ada di lokasi. Dia pun tidak menjelaskan dengan detail kata apa yang dilontarkan dalam teguran tersebut.

Pihak TNI AL dan satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua Barat telah melakukan mediasi terkait peristiwa perkelahian antara kedua kubu itu di pelabuhan Sorong, Papua, Minggu (14/4).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut pimpinan wilayah Polda Papua Barat dan TNI telah bertemu untuk berkomunikasi. Pertemuan itu, katanya, untuk mencari titik terang dan menyelesaikan persoalan yang terjadi.

“Antar pimpinan atau komandan wilayah Polda Papua Barat dan TNI telah bertemu untuk komunikasi dan menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik,” kata Trunoyudo kepada wartawan, Minggu (14/4/2024).

Trunoyudo mengatakan Polri dan TNI harus bersinergi saat menjalankan kegiatan.

“Polri dan TNI selalu dan harus bersinergi dalam melakukan kegiatan,” pungkasnya.


Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mayjen TNI Nugraha Gumilar membenarkan berita tersebut, dan ada korban luka 5 prajurit TNI AL saat ini sudah di rawat di Rumah Sakit setempat.

“Pada tanggal 14 April 2024 pukul 09.30 di pintu masuk Ruang Tunggu Keberangkatan Kantor Pelindo IV Sorong Provinsi Papua Barat Daya telah terjadi perkelahian antara anggota Brimob Polda Papua Barat Daya dan anggota TNI AL Marhanlan XIV/Sorong,” tutur Nugraha saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

Menurutnya, penyebab bentrokan itu dipicu oleh kesalahpahaman. Berdasarkan informasi yang dihimpun, prajurit TNI AL menegur anggota Brimob yang mengantar keluarganya di Pelabuhan Sorong.

“Penyebabnya terjadi kesalahpahaman antara anggota Brimob ditegur oleh anggota AL,” tambanya.

Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan insiden itu segera bisa dikendalikan oleh pimpinan masing-masing institusi.

“Tindakan yang dilakukan masing-masing pimpinan mengendalikan anak buahnya dan melakukan mediasi, selain itu melaksanakan patroli bersama sebagai tindakan preventif agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut,” katanya. | Yudhistira*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60