Diprediksi! Penetapan Idul Fitri 10 April 2024, Diumumkan Setelah Sidang Isbat…

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Dalam menentukan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, masyarakat harus menunggu hasil sidang isbat dari Pemerintah.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Besok, bertepatan dengan 29 Ramadhan 1445 H atau Selasa 9 April 2024 M Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) akan mengeluarkan data hilal awal Syawal 1445 H.

Dirilis dari laporan “Hilal Awal Syawal 1445 H”, data LF PBNU meliputi ketinggian hilal, elongasi, waktu ijtima’, lama hilal, keadaan hilal, letak hilal, hingga matahari.

Seperti yang diketahui, dalam penanggalan Hijriah, Idul Fitri dirayakan pada 1 Syawal. Adapun penetapan awal bulan kalender Hijriah di Indonesia dilakukan dengan metode rukyat (pengamatan) dan hisab (perhitungan).

Diprediksi, Hari Raya Idul Fitri 2024 kemungkinan besar dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah dan organisasi Islam. Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan bahwa Hari Lebaran 2024 pemerintah diprediksi jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

“Dengan kondisi seperti itu insyaallah di Hari Raya Idul Fitri akan diselenggarakan secara bersama-sama bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia,” ujar Saiful Rahmat yang dikutip Selasa (2/4/2024).

Lebaran 1 Syawal 1445H umat Islam di seluruh penjuru dunia diingatkan untuk melaksanakan salat Id, sebuah ibadah yang sangat dianjurkan menurut para ulama.

Salat Id, yang merupakan sunah muakkad, atau ibadah yang sangat dianjurkan, memiliki kedudukan yang istimewa dalam agama Islam. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya selama sembilan kali Syawal dan Zulhijah setelah disyariatkannya. Meskipun demikian, tidak adanya sanksi hukum atas ketidakpelaksanaannya menegaskan bahwa salat Id bukanlah kewajiban yang bersifat mutlak.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60