Bhoga Sevanam Aksi Sosial Kepedulian Kepada Sesama

Pura Amertajati Melaksanakan Bhoga Sevanam bersama Koramil 07/Limo
banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 kembali menggelar Aksi Sosial Kepedulian kepada sesama yang menggugah rasa persaudaraan, kemanusiaan, toleransi dan kebangsaan, bahwa sesungguhnya kita bersaudara “Vaisudeva Kuthumbakam”.

Kegiatan ini dinamakan “Bhoga Sevanam”, konsentrasi kegiatannya tersebar di 17 Pura Sejabodetabek serta Pura atau wilayah sekitar Pura di berbagai provinsi seluruh Indonesia, yang berlangsung Minggu, 07/04/2024.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Kegiatan yang berlangsung disekitar Pura di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan turun ke jalan bertemu dan menyapa serta berbagi makanan dan minuman kepada sesama, terutama kepada saudara-saudara kita Umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Koordinator Bidang Kesehatan dan Bhakti Sosial Panitia Nasional Nyepi Tahun Baru Saka 1946 drg. Nyoman Suartanu, MA menjelaskan, kegiatan berbagi ini dalam Kitab Veda dan Susastra Agama Hindu termasuk dalam YADNYA.

“Pengorbanan dengan memberi, berbagi secara tulus ikhlas kepada siapapun yang membutuhkan. Punia atau Donasi yang paling memberikan makna adalah berbagi,” ujar Nyoman Suartanu.

Lanjutnya, ini merupakan tindakan mulia saat berbagi makanan untuk berbuka kepada saudara kita yang sedang kurang beruntung, terhambat waktu ataupun yang sedang melintas di depan Pura.

Ia juga menyebutkan, kegiatan Bhoga Sevanam ini masih dalam rangkaian Hari Suci Nyepi dan Dharma Santi Nasional Tahun 2024, dilaksanakan oleh Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam lingkup nasional yang didukung oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHD), Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar, Pengempon Pura, unsur Pemuda dan Remaja, serta dukungan penuh oleh seluruh Ormas Hindu tingkat nasional,” paparnya.

Adapaun komponen Ormas Hindu tersebut antara lain, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Prajaniti Indonesia, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, Pandu Nusa, Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI), Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia, Dosen Hindu Indonesia, Pinandita Sanggraha Nusantara serta Majapahid Nusantara.

Sementara itu menurut Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia Selaku Ketua Umum Panitia menyebutkan, jumlah sumbangan atau punia berupa bhoga yang sudah terkumpul dan dibagikan pada hari ini sebanyak 12.286 paket, terdiri dari 6.925 nasi kotak/bungkus, 4.738 takjil dan 623 paket sembako.

“Semua ini merupakan hasil gotong royong sumbangan atau punia organisasi Hindu, pengempon Pura, Banjar, dan umat Hindu yang berada di wilayah kegiatan tersebut,” ujarnya.

Dalam kesempatan Aksi Bhoga Sevanam, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya yang didampingi oleh Ketua Umum Panitia Nasional yang juga turut hadir di Pura Mustika Dharma Cijantung menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Para Pimpinan Umat, Organisasi Masyarakat Hindu serta seluruh Komponen Banjar, Suka Duka maupun Pengempon Pura yang telah bekerjasama dan bekerja keras dalam mensukseskan Aksi Sosial Kemanusiaan Bhoga Sevanam ini.

Ia berharap agar kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat ini pada tahun berikutnya dapat dilaksanakan lebih luas lagi. Sehingga lebih bermanfaat dan bermakna sampai ke pelosok.

“Kegiatan melayani, berbagi, berkorban secara tulus ikhlas sangat dianjurkan kepada sesama sebagai wujud toleransi, serta merawat kebhinekaan untuk memperkuat rasa kebangsaan kita,” ujarnya.

Begitu pula disampaikan Koordinator Aksi Bhoga Sevanam I Nyoman Gde Agus Asrama, cakupan titik dan lokasi pelayanan Bhoga Sevanam meliputi wilayah Jabodebabek, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTB, hingga Papua.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60