Lemkapi: Polri Bongkar Pabrik Narkoba Jaringan Fredy Pratama di Sunter

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) apresiasi Direktorat Narkoba Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang menemukan sebuah pabrik ektasi jaringan buronan Fredy Pratama di Perumahan Taman Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/4/2024).

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kinerja hebat ini diharapkan akan memberikan motivasi kepada jajaran Polri agar semakin gencar melakukan pemberantasan narkoba,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Edi mengatakan penemuan pabrik narkoba itu merupakan buah kerja keras Bareskrim. Tidak mudah bagi Polri untuk menemukan pabrik ini karena Fredy Pratama memiliki jaringan internasional dan memiliki banyak anggota yang tersebar di mana-mana.

“Kami puji Bareskrim Polri dan sejumlah Polda, termasuk Polda Lampung dan Polda Sumsel yang selama ini gencar melumpuhkan jaringan Fredy Pratama ini,” kata dosen pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Sebelumnya, Sebuah pabrik ekstasi di Perumahan Taman Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, digerebek tim Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri. Pabrik narkoba ini, dikendalikan oleh bandar narkoba jaringan internasional Fredy Pratama.

“Kami kembali mengungkap pabrik rumahan narkoba di Sunter, Jakarta Utara,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Pol Mukti Juharsa, di Jakarta, kepada wartawan, Jumat (5/4).

Dari penggerebekan rumah produksi atau clandestine lab produksi ekstasi tersebut, sebanyak enam orang tersangka diamankan, besera ribuan ribuan butir ekstasi.

“Ini adalah kepunyaan Fredy Pratama, dia mengendalikan langsung melalui aplikasi BBM dari Bangkok, Thailand,” ujar Mukti.

Menurut dia, clandestine lab milik jaringan Fredy Pratama itu masuk kategori lengkap, terdapat mesin cetak ekstasi, bahan baku yang siap cetak, bahan adonan dan alat pendukung pembuatan ekstasi lainnya.

“Bahan baku tersebut jika dicetak bisa mencapai 300 ribu butir,” ujarnya.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60