Gempa M 7,5 Guncang Taiwan, BMKG Pastikan Tak Berdampak ke Indonesia

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Bencana Gempa bumi dahsyat mengguncang Taiwan pagi ini, Rabu (3/4/2024).

Dampak Gempa itu meruntuhkan bangunan-bangunan di kota selatan dan menimbulkan tsunami di pulau-pulau selatan Jepang.

Seperti dilansir The Guardian dan Reuters, Rabu (3/4/2024), laporan kantor berita Taiwan, Central News Agency, menyebut nyaris 10.000 rumah warga di negara tersebut tidak mendapatkan pasokan listrik usai gempa mengguncang pada Rabu (3/4) pagi sekitar pukul 07.58 waktu setempat.

Laporan Badan Cuaca Pusat Taiwan menyebut pusat gempa ada di kedalaman 15,5 kilometer, dan terletak di area lepas pantai timur Taiwan.

Gempa Dasyat tersebut memicu kerusakan dengan beberapa bangunan dilaporkan ambruk.

Stasiun televisi lokal Taiwan menayangkan cuplikan beberapa bangunan yang runtuh di wilayah timur Hualien, dekat pusat gempa. Media setempat juga melaporkan bahwa beberapa orang terjebak di dalam bangunan yang rusak.

Central News Agency melaporkan bahwa upaya pemulihan pasokan listrik masih berlangsung terhadap rumah-rumah warga yang tidak mendapatkan aliran listrik usai gempa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menganalisis gempa magnitudo (M) 7,5 yang mengguncang Taiwan pagi ini, memastikan gempa tersebut memicu tsunami namun tidak berdampak ke Indonesia.

BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi Rabu (3/4/2024), pukul 06.58 WIB, di laut pada koordinat 23,80° LU 121,67° BT dengan kedalaman 11 km. Gempa dipicu aktivitas subduksi lempeng di Palung Ryukyu dengan mekanisme sesar naik.

“Dampak gempa ini dilaporkan menimbulkan kerusakan sedang hingga berat hingga mencapai skala intensitas VII-VIII MMI di berbagai tempat dekat pusat gempa,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya.

Daryono menyampaikan, berdasarkan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), gempa tersebut menimbulkan tsunami lokal di wilayah Taiwan hingga ke negara terdekat Taiwan. Kemudian, berdasarkan catatan tide gauge Chengong (TW), gempabumi ini menimbulkan tsunami dengan ketinggian 45 cm, Longdong (Taiwan) 21 cm, dan Ishigakijima (Jepang) 12 cm. Cecilia*,

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60