Safari Ramadhan, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman Kunjungi Lapas Banjarmasin dan Banjarbaru

banner 468x60

Radarjakarta.id | BANJARMASIN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan dalam rangka melakukan pemantauan di Lapas dan Rutan se-Kalimantan Selatan. Jum’at (29/3/24), Kakanwil bertandang ke Lapas Kelas IIA Banjarmasin dan Lapas Kelas IIB Banjarbaru.

Kegiatan kali ini selain bertujuan untuk memastikan berjalannya operasional Lapas dengan baik selama Ramadhan, juga menjadi momentum perkenalan perdana sebagai Kepala Kantor Wilayah yang baru kepada jajaran secara langsung.

Perdana ke Lapas Banjarmasin, Taufiqurrakhman yang turut didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Chandra Afriandi Achmad, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ramlan Harun dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Said Mahdar dan Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Faozul Ansori melaksanakan Sholat Jum’at bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di
Masjid Baabut Taqwa Lapas Banjarmasin dan dilanjutkan dengan pengarahan singkat.

Pada kesempatan ini, Taufiqurrakhman turut melakukan kontrol pada dapur dan Klinik Pratama untuk memastikan pelayanan makanan dan kesehatan bagi WBP berjalan dengan baik.

Bertolak ke Lapas Kelas IIB Banjarbaru, rombongan Kakanwil disambut oleh Kalapas I Wayan Nurasta Wibawa yang mendampingi Kakanwil memantau secara langsung lingkungan Lapas mulai dari ruang kerja Pegawai, Dapur Lapas, Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Klinik Pratama hingga buah kerajinan tangan para WBP Lapas Banjarbaru tersebut.

Tak lupa pada kesempatan ini juga dilaksanakan juga Shalat Magrib berjamaah yang bertempat di masjid Lapas Banjarbaru. Usai melaksanakan shalat, Kakanwil memberikan arahan kepada jamaah, baik pegawai maupun warga binaan sembari berbuka puasa.

“Tugas sebagai pegawai Lapas harus selalu siaga agar dapat memastikan sarana prasarana di Lapas berada dalam kondisi baik dan dapat digunakan dengan optimal, sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di dalam Lapas guna menjaga kondusifitas,” pesan Taufiqurrakhman.

Kakanwil juga memberikan pesan agar seluruh warga binaan dapat menunaikan ibadah puasa dan menjalankan amal-amal kebaikan di bulan Ramadhan yang suci penuh berkah. Kakanwil berharap agar warga binaan dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

Usai memberikan arahannya, Kakanwil beserta jajaran mengadakan shalat Isya dan tarawih bersama para WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru. | Maya*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60