SMK YAJ Raih Sekolah Pusat Keunggulan

banner 468x60

Radarjakarta.id | DEPOK – Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Aridho Jatimulya, Cilodong mendapatkan predikat sebagai sekolah pusat keunggulan oleh Dirjen Vokasi Kemendikbud RI.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbud Wikan menggarisbawahi bahwa program SMK Pusat Keunggulan yang telah dirintis sejak tahun 2019, adalah strategi yang dilakukan Kemendikbud untuk melakukan revitalisasi SMK.
 
“Jadi bedanya saat ini kita tentukan 895 SMK PK karena tidak mungkin yang 14.000 (SMK) semuanya langsung menjadi SMK PK, lebih kepada giliran saja. Pada intinya nanti ketika 895 awal ini mencapai suatu link and match yang baik, penguatan sarpras yang baik, alat praktik yang baik, maka memang sudah seharusnya mereka mengimbaskan dan mereka menjadi trainer/pelatih SMK-SMK yang lain ketika mereka menjadi mengarah pada Pusat Keunggulan,”katanya.
 
Dirjen Wikan menerangkan, makna dari unggul itu teknisnya di tahap awal adalah dengan menerapkan link and match, penguatan SDM, penguatan sararana dan prasarana.

Ia berharap, stigma unggul tersebut penekanannya bukan pada sekolah favorit, eksklusif, atau unggul sendiri.

Namun SMK Pusat Keunggulan menjadi SMK yang nantinya bertugas untuk memajukan SMK lain.
 
“Kalau kita mau mengubah SMK kita serentak semuanya (menjadi SMK Pusat Keunggulan) itu memang ideal tapi dananya tidak mencukupi,”katanya pada Kamis (29/2/2024).

Dengan ini diharapkan SMK Pusat Keunggulan menjadi akselerator/pelatih bagi SMK lain dalam melakukan link and match.
 
Salah satunya, dalam hal sarana dan prasarana sarpras yang ada di SMK Pusat Keunggulan, dia harus mau alat-alatnya juga digunakan oleh guru-guru di SMK yang lain terutama ketika ada guru maupun siswa yang ingin menggunakan peralatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi produktivitasnya.

Wikan yang menekankan konteks SMK Pusat Keunggulan sebagai “kakak pendamping” untuk SMK lain.
 
Sementara itu Kepala SMK YAJ Idham Kholid merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Vokasi yang sudah mempercayakan SMK YAJ sebagai sekolah unggulan.

Dia menambahkan yang tentunya akan sangat berimpact kepada kualitas layanan input,proses dan output serta outcame bagi warga SMK YAJ Depok. Eka*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60