Viral! Paket Sembako Caleg di Rumdin Bupati Rohil, Bawaslu Riau Segera Panggil Bupati

banner 468x60

Radarjakarta.id | ROKAN HILIR– Masih Hangat Kasus Bupati vs Wakil Bupati Rohil bentrok di acara pelantikan kades dan penghulu. kini, heboh adanya sebuah video yang menunjukkan paket sembako Caleg diduga dikumpulkan di rumah dinas (Rumdin) Bupati Rohil, Afrizal Sintong menjadi viral di media sosial.

Dalam video, lihat ada sekelompok orang mengemas paket milik salah satu caleg. Bahkan terlihat jelas saat beberapa paket dipasangi stiker salah satu caleg “Kacau! rumah dinas bupati dijadikan tempat untuk gudang salah satu caleg,” bunyi pesan beredar yang viral tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Jika dilihat lebih rinci video itu merupakan tangkapan layar pemilik akun Instagram @yossiardilaaju. Dalam video juga terlihat paket bantuan dibungkus dengan plastik berwarna merah dan kuning. Ada pula seorang pria yang mengangkat karton menuju ruang pengemasan paket.

Pria tersebut pakai baju hitam dan pada bagian depan terpampang wajah seorang caleg wanita bernama Nalladia Ayu Rokan dari Partai Golkar.

Terkait video itu, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal memastikan segera memanggil Bupati Rohil untuk klarifikasi terkait video viral temuan paket sembako caleg tersebut.

“Tentu kami masih dalam penelusuran. Terkait itu (panggil bupati afrizal sintong) sudah pasti dipanggil ya,” ungkap Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, Kamis (01/2/2024).

Alnofrizal menjelaskan, pemanggilan akan dilakukan tim Gakkumdu untuk klarifikasi, dan jika terbukti, proses pemeriksaan lanjutan akan dilakukan.

Rumah dinas dianggap sebagai fasilitas negara, sehingga sanksi yang mungkin dijatuhkan akan disesuaikan.

“Nanti kita lihat, kalau benar video temuan (sembako Caleg) itu ada di rumah bupati, ya akan kita lanjutkan pemeriksaan bupati. Sanksinya apa nanti kita lihat karena rumah dinas bupati jelas fasilitas negara,” tegasnya.

Sementara itu, mengenai foto caleg wanita Nalladia Ayu Rokan yang disebut sebagai putri sulung Bupati Afrizal Sintong, Alnofrizal enggan memberikan banyak komentar.

“Kita fokus pada kasus ini (video viral sembako caleg) dulu. Sekarang tim sedang bekerja karena ini temuan ya,” Pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto menegaskan,  pihaknya yang tergabung dalam sentra Gakkumdu siap membantu Bawaslu terkait temuan tersebut. Jika nantinya ditemukan pelanggaran pidana akan diproses.

“Kita mendukung penuh Bawaslu terkait hal tersebut. Jika ditemukan pidananya kita siap proses dan berkordinasi dengan pihak kejaksaan,” tutur Andrian.

Pada kesempatan ini, Andrian mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif jelang dan saat pelaksanaan pemilu nanti.

“Mari bersama-sama kita ciptakan pemilu damai. Jaga kamtibmas yang kondusif demi terwujudnya Pemilu Damai 2024,” imbau Andrian. | Santi Sinaga*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60