Alasan Luhut Pilih Dirawat di Singapura

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan membeberkan alasan dirinya lebih memilih dirawat di Singapura bukan Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak pertanyaan yang muncul bagaimana dirinya bisa dirawat di Singapura.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura,” kata Luhut dalam unggahan di Instagram, Sabtu (4/11).

Luhut Binsar Panjaitan mengaku bahwa selama menderita sakit yang dialaminya itu ia sempat menjalani proses pengobatan di Jakarta. Awalnya, ia memulai pengobatan di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto.

Meski begitu, pada akhirnya kemudian ia lebih memilih menjalani proses pengobatan di Singapura karena alasan lingkungan. Ia merasa bisa lebih fokus memulihkan kesehatannya yang sempat menurun.

“Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapatkan lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” kata Luhut.

Sejak dilaporkan sakit pada awal bulan Oktober lalu, diakui Luhut praktis selama menjalani pengobatan itu dirinya hanya ditemani oleh tim dokter, ajudan, istri dan anaknya. Ia juga mengaku tidak diperkenankan untuk menerima tamu dan bahkan menjawab panggilan ponsel sekalipun.

Keluarga meminta saat itu seluruh panggilan telepon yang masuk ke dirinya hanya boleh melalui ajudan saja. Ia tidak diperkenankan menjawab, semua harus lewat tangan para ajudannya.

“Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu,” ujar Luhut seraya menirukan ucapan permintaan istri dan anaknya.

Luhut pun menyadari bahwa pilihan untuk berobat jauh di Singapura adalah pilihan yang bijak, meskipun harus jauh meninggalkan rumah.

“Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini,” lanjutnya.

Kini, Luhut mengaku sudah boleh memegang ponsel sejenak untuk menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya.

Hingga terbaru, ia sudah mulai menerima kunjungan beberapa rekan sejawat di pemerintahan termasuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menjenguknya di Singapura. | Eka*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60