Masjid Nabawi Siapkan Air Zamzam Untuk Jama’ah

banner 468x60

Radarjakarta.id | JEDDAH – Salah satu keistimewaan melakukan salat di Masjid Nabawi, Madinah adalah bisa mengkonsumsi air zamzam sepuasnya. Tapi yang harus diingat para jamaah haji atau umrah, air zamzam hanya tersedia di dalam area masjid dan bukan luar yang biasanya berdekatan dengan tempat wuduk.

Masjid Nabawi selalu menyediakan air Zamzam yang bisa konsumsi jamaah sepuasnya. Air Zamzam disediakan di dalam area masjid. Air minum di dekat tempat wudhu hanya air biasa hasil penyulingan. Sedangkan di dalam masjid langsung diambil dari Masjidil Haram di MakkahMakkah, Jum’at (25/8/2023).

Air zamzam di dalam masjid ditempatkan di gentong gentong dan ditempatkan di beberapa area tempat salat. Pilihannya, ada yang dingin dan suhu normal (biasa). Biasanya, dalam satu tempat ada empat gentong, dua dingin dan dan dua biasa.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Setiap hari pegawai Masjid Nabawi menyiapkan wadah yang diisi air zamzam. Di mesjid tersebut ada sekitar tiga ribu pegawai yang salah satu tugasnya adalah menyiapkan air zam zam untuk pengunjung masjid.

Air zamzam disuplai langsung melalui saluran air yang terbentang dari kota Makkah ke Madinah berjarak lebih dari 450 kilometer. Air tersebut diolah agar kebersihannya terjamin. Air zamzam memang disediakan untuk para pengunjung dan ditempatkan di berbagai sudut Masjid Nabawi baik untuk diminum di tempat maupun dibawa pulang.

Masjid Nabawi, Madinah tersedia air zamzam yang dingin dan biasa dalam sehari sebanyak sejuta gelas air zamzam dikonsumsi pengunjung mesjid. | Suhandi/red/Madinah*

Suhandi wartawan Kontributor Arab Saudi Radarjakarta.id
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60