Semarakkan CFD, Rutan Palangka Raya Promosikan Produk Unggulan Narapidana dan Penyuluhan Hukum

banner 468x60

Radarjakarta.id I Palangka Raya – Jajaran Pengawai Subsi Bimbingan Kegiatan Kerja pada Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya berpartisipasi dalam kegiatan Penyuluhan Hukum Keliling yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenkumham Kalteng) di area Car Free Day (CFD) Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Minggu (11/6/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi seputar tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham Kalteng kepada masyarakat kota Palangka Raya.
Adapun kegiatan Penyuluhan Hukum Keliling ini dihadiri secara langsung oleh Kakanwil dan Jajarannya. Kegiatan dilaksanakan dengan cara membagikan brosur/leaflet hingga menyampaikan informasi hukum secara langsung kepada masyarakat yang berada ataupun melintasi kawasan CFD melalui layanan konsultasi gratis terkait Kekayaan Intelektual, Administrasi Hukum Umum, Hak Asasi Manusia, Peraturan Perundang-Undangan, Keimigrasian, serta Pemasyarakatan.

Rutan Kelas IIA Palangka Raya selaku Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan turut memberikan edukasi kepada masyarakat luas seputar Program Pembinaan yang ada di Rutan Kelas IIA Palangka Raya, diantaranya adalah Meubelair, Perkebunan, Peternakan, Tata Boga, Barbershop, Laundry, kerajinan Getah Nyatu dan Tas Rotan Modifikasi .

Selain itu, jajaran pegawai Rutan Kelas IIA Palangka Raya mengajak pengunjung CFD yang melintas untuk mampir sejenak dan melihat keunikan produk-produk buatan narapidana.


“Membina Narapidana kearah yang lebih baik melalui pendampingan dan pembekalan keterampilan secara berkala merupakan perkara yang tidak mudah untuk dilakukan, oleh sebab itu, kami sebagai petugas membutuhkan dukungan dan penerimaan yang baik dari masyarakat terhadap narapidana yang berkerja dibalik jeruji besi Rutan.” Ucap Martina selaku staf Subsi Bimbingan Kegiatan.


“Selama di Rutan, inovasi dan kreasi warga binaan tidaklah limitatif meskipun ditempat yang serba terbatas ini. Bagaimanapun juga, mereka (narapidana pekerja) selalu kita dampingi untuk upgrade produk-produk sesuai dengan pangsa pasar atau permintaan konsumen secara langsung. Biarkan mereka berproses dan terus belajar agar produk-produk yang dihasilkan semakin detail dan rapi”. Tambahnya, Kepada salah seorang pengunjung yang telah membeli produk Tas Rotan Modifikasi.

(Eva)*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60