Audiensi dengan PWI Jakarta Barat, Dandim 0503/JB Sebut Media Sangat Berperan Penting

banner 468x60

Radarjakarta.id | JAKARTA – Teritorial itu tidak hanya berbentuk fisik namun ada mindset di dalamnya yang sangat penting. Dalam konsep negara dalam arti luas, perlu menyamakan persepsi atau pun menyatukan pemikiran.

Media sangat berperan penting untuk menyampaikan pikiran-pikiran tersebut kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Hal itu disampaikan Dandim 0503/JB Kolonel INF E. S Putra Siregar saat menerima Pengurus Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat di ruangannya di Jalan Letjen S. Parman, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (25/7/2024).

Menurut Putra, peran media sangat penting dalam konteks bela negara terutama dalam teritorial non fisik dalam menyampaikan dan mengemas harapan dan keinginan anak bangsa dalam melanjutkan perjuangan para founding fathers.

“Sekarang bagaimana mengarahkan generasi muda saat ini untuk tetap membaca dan melihat yang positif dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik, termasuk melalui informasi-informasi yang disampaikan oleh media atau wartawan,” kata Putra Siregar.

Terkait hal itu, Putra berharap dengan semakin terjalinnya kolaborasi dan sinergitas antara Kodim 0503 Jakarta Barat dengan Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat, informasi-informasi yang disampaikan media baik online, cetak maupun elektronik dapat memberikan edukasi yang positif kepada masyarakat.

“Ketika Amerika menginvasi Irak yang masyarakat tahu adalah ada senjata pemusnah massal. Padahal sekian puluh tahun setelahnya hal itu tidak ada. Yang ada adalah minyak,” ujar Putra sembari menjelaskan bahwa ini bisa terjadi karena peran media dalam bidang teritorial non fisik.

Pada kesempatan tersebut, Putra mengakui karena kesibukan selama menjabat di Kodim 0503 Jakarta Barat, sinergitas dengan awak media dinilai berkurang.

Namun ia berjanji, ke depan akan selalu menggandeng media untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan program-program Kodim 0503 Jakarta Barat.

Kornelius Naibaho, Ketua Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat didampingi Kadiran Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Jaya, dan sejumlah pengurus Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat mengatakan sangat berterima kasih atas penyambutan Dandim 0503 Jakarta Barat dan jajaran dalam menerima audiensi ini.

“Sebenarnya beberapa minggu setelah menjabat di Kodim, kami sudah menyurati bapak untuk audiensi, namun karena kesibukan di awal menjabat, surat kami belum ditanggapi,” kata Kornel.

Melalui audiensi ini, Kornelius berharap sinergitas dengan Kodim 0503 Jakarta Barat yang selama ini terjalin baik, dapat terus dilanjutkan lagi, tidak hanya dalam hal publikasi, namun bersama-sama memberikan edukasi positif kepada masyarakat.

Kornelius juga mengundang Dandim Putra Siregar untuk menjadi narasumber dalam program Podcast PWI Jakarta Barat yang selama ini menjadi sarana edukasi dan sosialisasi program-program para stake holder kepada masyarakat.

Putra pun sangat menyambut baik undangan Pokja PWI Wali Kota Jakarta Barat tersebut dan segera mengatur jadwal sambil menjelaskan saat ini Kodim 0503 Jakarta Barat sedang menggiatkan Kampung Pancasila dengan program ketahanan pangan skala kecil seperti urban farming, kolam ikan, dan kebun. | Ibeng*

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60